5 Buah dan Sayur Ini Bantu Ringankan Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu komplikasi kesehatan yang paling umum dialami. Tak sedikit yang langsung memutuskan untuk mengonsumsi obat setelah didiagnosis menderita hipertensi. 

Stres Berlebihan Bisa Picu Penyakit Kronis, Ini Cara Mengatasinya

Namun perlu dicatat, tekanan darah dapat dikelola dengan diet yang tepat dan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Banyak penelitian telah mengonfirmasi, tekanan darah tinggi dipicu oleh konsumsi makanan tertentu.

Selain itu, ada beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada manusia. Apa saja? Berikut daftarnya, dilansir Times of India, Kamis 7 April 2022. 

Cara Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Bit
Minum jus bit dapat mengontrol hipertensi. Menurut penelitian, tekanan darah turun di antara pasien hipertensi yang mengonsumsi 1 cangkir jus bit selama hampir sebulan. 

Manfaat Buah Bit untuk Asam Urat.

Photo :
  • U-Report
Skrining Kesehatan Bisa Deteksi Diabetes Hingga Kolesterol Tinggi, Harus Cek Berapa Bulan Sekali?

Meski bit matang dan mentah sama-sama dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, namun bit mentah dianggap lebih menonjol manfaatnya. Penelitian membuktikan, jus bit mentah dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam beberapa jam setelah konsumsi. 

Semangka
Semangka mengandung elemen penting yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Citrulline yang terkandung dalam semangka, menghasilkan oksida nitrat yang dikenal mampu mengendurkan pembuluh darah. Hal inilah yang akhirnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menjadi terkontrol. 

Delima
Menurut studi, konsumsi jus delima dapat mengurangi tekanan darah sistolik, menghambat aktivitas serum ACE, dan diyakini dapat menyehatkan jantung. Konsumsi jus delima mampu menghambat aktivitas enzim pengubah angiotensin serum dan mengurangi tekanan darah sistolik. 

Sayuran berdaun hijau
Sayuran segar berdaun hijau adalah sumber nutrisi yang memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Dari sekian banyak cara, mengendalikan tekanan darah tinggi juga bisa dipetik dari konsumsi sayuran berdaun hijau. Sayuran seperti bayam, sawi, dan kubis, dikenal baik untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. 

Ilustrasi sayuran kale.

Photo :
  • U-Report

Pisang
Pisang kaya akan potasium yang menjadi elemen penting dalam mengelola hipertensi. Mengonsumsi pisang dalam sehari dapat mencegah tekanan darah tinggi. 

Menurut American Heart Association, potasium yang ada dalam pisang dapat mengurangi efek natrium dan melemaskan ketegangan di dinding pembuluh darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya