12 Manfaat Daun Bidara, Turunkan Kolesterol hingga Cegah Depresi

Daun Bidara
Sumber :
  • Twitter @rempah_ratus

VIVA – Manfaat daun bidara sangat beragam untuk kesehatan tubuh. Daun bidara atau Ziziphus mauritiana berasal dari pohon kecil. Buah daun bidara ini digunakan untuk obat herbal, begitu juga daun bidara yang juga berkhasiat. Manfaat daun bidara diantaranya yaitu untuk meningkatkan kekuatan otot dan berat badan, mencegah penyakit hati, sebagai obat penenang, dan lain sebagainya.

Minuman Premium dengan Ginseng Asli, Kombinasi untuk Kesehatan

Daun bidara juga digunakan untuk berbagai kondisi kulit. Seperti untuk kulit kering dan gatal, luka, dan bisul. Manfaat daun bidara juga bisa mengatasi masalah pencernaan, nafsu makan berkurang, dan diare. Daun bidara ini juga sering digunakan untuk resep masakan.

Kandungan daun bidara yang jarang diketahui yaitu flavonoid, polifenol, cyclopeptide alkaloid, glikosida, minyak atsiri, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu, terdapat juga sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat mengoptimalkan manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat daun bidara? Simak ulasan informasinya dalam artikel ini yang dikutip dari berbagai sumber.

Sering Kencing Setelah Minum Air Putih, Normal atau Pertanda Masalah Kesehatan?

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol

Photo :
  • Times of India
Bangun Pagi Bikin Sehat? 5 Alasan Anda Harus Jadi Morning Person!

Manfaat daun bidara ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat yang larut pada air juga berfungsi mampu menurunkan kadar kolesterol jahat ataupun LDL. Caranya cukup dengan merebus air pada daun bidara secara rutin. Dengan mengkonsumsi rebusan air daun bidara secara rutin, dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan mengikat kolesterol ini pada sistem pencernaan sehingga tingkat kadar kolesterol di dalam tubuh tidak mencapai 240 mg/dl.

2. Mengatasi Insomnia

Insomnia

Photo :
  • Times of India

Salah satu kandungan saponin yang terdapat dalam daun bidara ini bermanfaat untuk mengatasi insomnia serta memberikan efek yang menenangkan. Daun bidara dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, seperti teh dengan cara merebusnya. Dengan demikian, daun bidara dapat menjadi salah satu solusi sebagai obat tidur alami untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup. Konsumsi rebusan daun bidara agar kamu tidak insomnia.

3. Mencegah Depresi

cegah depresi

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun bidara lainnya yaitu dapat mencegah depresi. Kandungan yang ada di dalam daun bidara ini memberikan sebuah efek nyaman dan dingin di dalam tubuh sehingga mampu meringankan gejala depresi yang sedang dialami. Konsumsi olahan daun bidara menjadi sebuah minuman seperti teh untuk mendapatkan hasil dan efek yang baik di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi olahan teh daun bidara ini secara rutin tentu dapat mengatasi depresi tersebut.

4. Mengatasi Sistem Pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan.

Photo :
  • Pixabay

Selain dapat mengatasi depresi, manfaat daun bidara juga bisa untuk mengatasi sistem pencernaan di dalam tubuh. Saat terjadinya dampak negatif dari asam lambung, maka daun bidara dapat dijadikan solusi untuk meringankan penderita maag tersebut. Daun bidara dapat mengeluarkan salah satu racun yang ada di dalam sistem pencernaan sehingga dapat mengatasi gangguan pada sistem pencernaan serta mampu mencegah terjadinya infeksi.

5. Menyembuhkan Bekas Luka

Ilustrasi bekas luka di wajah.

Photo :
  • U-Report

Kandungan atau sifat anti inflamasi dan anti bakteri pada daun bidara ini bermanfaat dalam menyembuhkan bekas luka. Kedua sifat ini dapat membantu dalam mempercepat adanya proses penyembuhan pada bekas luka bakar yang terjadi pada kulit. Seperti bekas luka goresan, lecet, sayatan, dan lainnya. Luka tersebut dapat disembuhkan dengan menggunakan daun bidara.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan lain di dalam daun bidara yakni glikosida yang dapat menghilangkan bekas luka dan menyembuhkan luka bakar. Untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang maksimal kamu dapat meminum air rebusan daun bidara.
Untuk pengobatan di bagian luar tubuh, bisa menggunakan bubuk ekstrak dari daun bidara yang dicampur dengan sedikit air lalu diaplikasikan secara langsung pada area yang sedang terluka tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Gigi sehat

Photo :
  • Times of India

Manfaat daun bidara selanjutnya yang cukup populer bagi kesehatan yakni dapat membantu dalam menjaga kesehatan pada gigi dan tulang. Kandungan mineral kalsium yang cukup tinggi pada daun bidara mampu menyusun gigi dan tulang dengan baik. Hal ini tentu dapat menjadikan solusi pada daun bidara untuk mengatasi masalah kesehatan pada gigi dan tulang agar tidak mudah rapuh dan tetap terjaga stamina kesehatannya.

7. Mengatasi Sariawan

Sariawan

Photo :
  • Pinkvilla

Dengan daun bidara, sariawan akan teratasi. Biasanya sariawan sering terjadi akibat kekurangan vitamin C. Maka dari itu, adanya kandungan antioksidan di dalam daun bidara dapat bermanfaat untuk mengatasi sariawan. Antioksidan ini dapat mencegah adanya bakteri yang berada di dalam mulut. Selain dapat mengatasi sariawan, daun bidara juga berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah pada mulut, seperti bibir pecah-pecah.

8. Mengobati Keputihan

Ilustrasi keputihan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun bidara lainnya yaitu dapat mengobati keputihan. Tidak hanya membantu dalam mengobati keputihan, daun bidara juga dapat mengatasi masalah kewanitaan lainnya, seperti rasa tidak nyaman saat sedang haid.
Di saat kondisi masa kesuburan wanita muncul, maka tidak jarang akan timbul beberapa masalah kewanitaan, seperti bau tidak sedap atau keputihan. Manfaat daun bidara ini bisa menjadi solusi kamu di rumah dalam mengatasi masalah keputihan dengan cara melakukan perawatan daun bidara saat mandi dua kali sehari secara rutin.

9. Menghilangkan Kerutan di Wajah

Ilustrasi kerutan di wajah.

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu mampu mencegah penuaan dini. Cara mengaplikasikan daun bidara agar dapat mencegah penuaan dini yaitu dengan mengolahnya menjadi bahan untuk masker wajah sehingga dapat membantu dalam mencegah keriput dan lingkaran hitam yang berada di bawah kantung mata.

Kamu juga bisa menggunakan serbuk daun bidara yang dicampur dengan madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan hingga masker ini mengering. Setelah itu bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Jika ingin hasil yang maksimal, lakukan minimal dua kali dalam seminggu agar mendapatkan wajah yang berseri dan terhindar dari keriput serta penuaan dini.

10. Atasi jerawat

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Punya masalah jerawat? Kamu bisa menghilangkannya secara alami dengan daun bidara. Manfaat daun bidara ini juga bagus untuk merawat kulit, termasuk untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena daun bidara memiliki kandungan antibakteri yang dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat. 

Caranya, siapkan beberapa lembar daun bidara, kemudian tumbuk hingga halus. Lalu, beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat atau gunakan sebagai masker. 

Diamkan kurang lebih sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah mengering, bilas wajah hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan. Kamu juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

11. Merawat rambut

Merawat rambut.

Photo :
  • http://makeupandbeauty.com

Manfaat daun bidara lainnya yaitu dapat merawat rambut. Daun bidara dipercaya dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Daun bidara ini dipercaya dapat mencegah kerontokan dan membuat rambut menjadi lebih kuat. Cara menggunakannya yaitu dengan cara menggunakan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic.

12. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung.

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun bidara lainnya bagi kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Diketahui bahwa empat dari lima penyebab kematian terbanyak di Indonesia saat ini adalah penyakit jantung. Kandungan neolignan di dalam daun bidara dipercaya memberikan efek yang baik bagi penyakit jantung maupun peredaran darah di dalam tubuh. Selain mengkonsumsi rebusan daun bidara secara rutin, kamu juga perlu menjaga pola hidup dan makan yang sehat agar terhindar dari salah satu masalah kesehatan yaitu jantung.

Itulah beragam manfaat daun bidara untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Memperingati Hari Pengelihatan Sedunia pada pekan kedua setiap bulan Oktober, Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) menggelar acara peringatan World Sight Day di pelataran Sarinah, Jakarta, Minggu, 13 Oktober 2024.

World Sight Day: 60.000 Anak Indonesia Mengalami Gangguan Penglihatan

Kementerian Kesehatan menyatakan, berdasarkan hasil screening pada tahun 2023-2024, ada sekitar 60.000 anak-anak yang mengalami gangguan pengelihatan.

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2024