7 Manfaat Buah Pir, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat buah pir
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat buah pir kurang lebih sama seperti buah-buah lain yang pada umumnya baik untuk kesehatan tubuh. Buah pir sendiri adalah buah manis yang berbentuk seperti lonceng yang diketahui telah dinikmati sejak zaman dahulu kala. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung dengan dipotong-potong atau juga dijadikan sebagai minuman jus. 

Rahmad Maulizar, Pahlawan yang Mengubah Hidup Ratusan Anak Penderita Bibir Sumbing di Aceh

Selain memiliki rasa yang lezat, terdapat juga manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh yang telah didukung oleh sains. Daging buah pir juga cukup mengandung banyak air sehingga hanya dengan memakan buah pir saja mungkin kamu sudah merasa kenyang. Buah pir ini memiliki berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Melansir dari Healthline, berikut ini sejumlah manfaat buah pir yang mengesankan untuk kesehatan tubuh. 

1. Mengandung banyak nutrisi

Sosok Theresia Dwiaudina, Pejuang Kesehatan untuk Cegah Stunting di Pelosok NTT

Buah pir.

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah pir datang karena di dalam buah tersebut mengandung banyak nutrisi dalam berbagai varietas. Sebuah pir berukuran sedang (178 gram) mengandung nutrisi seperti berikut ini:

Vaksin HFMD atau Flu Singapura Kini Hadir di Indonesia
  • Kalori: 101
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Serat: 6 gram
  • Vitamin C: 12% dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin K: 6% dari DV
  • Kalium: 4% dari DV
  • Tembaga: 16% dari DV

Porsi yang sama ini juga menyediakan sejumlah kecil folat, provitamin A dan niasin. Folat dan niasin penting untuk fungsi sel dan produksi energi, sementara provitamin A mendukung kesehatan kulit dan dapat penyembuhan luka. 

Buah pir juga merupakan sumber yang kaya akan mineral penting, seperti tembaga dan kalium. Tembaga sendiri berperan penting dalam sistem kekebalan, metabolisme kolesterol dan fungsi saraf. Sedangkan kalium membantu kontraksi otot dan fungsi jantung. 

Apalagi buah-buahan ini merupakan sumber antioksidan polifenol yang sangat baik, yang melindungi dari kerusakan oksidatif. Kamu bahkan bisa memakan pir bersama kulitnya. Hal itu dikarenakan kulitnya mengandung polifenol enam kali lebih banyak daripada dagingnya. Sehingga manfaat buah pir bisa dikatakan baik untuk kesehatan tubuh. 

2. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Ilustrasi usus .

Photo :
  • Pixabay/Elionas2

Manfaat buah pir yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan usus pada tubuh. Buah pir merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang sangat baik dan penting untuk kesehatan pencernaan. Serat ini membantu menjaga keteraturan usus dengan melunakkan dan menggembungkan kotoran dalam tubuh. 

Satu buah pir berukuran sedang (178 gram) mengandung 6 gram serat yang dimana mengisi 22% dari kebutuhan serat harian tubuhmu. Selain itu, serat larut memberi makan bakteri sehat di usus. Karena itu, mereka dianggap sebagai prebiotik, terkait dengan penuaan yang sehat dan peningkatan kekebalan. 

Manfaat utamanya yakni serat yang teradapat di dalam pir dapat membantu meringankan sembelit. Dalam penelitian selama 4 minggu yang dilakukan pada 80 orang dewasa dengan kondisi ini menerima 24 gram pektin, jenis serat yang ditemukan dalam buah per harinya. Mereka tidak mengalami sembelit dan peningkatan kadar bakteri usus yang sehat. 

3. Memiliki sifat anti-inflamasi

Buah pir.

Photo :
  • Pixabay/ Pavlofox

Meskipun peradangan adalah respons kekebalan yang normal, peradangan kronis dalam jangka panjang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Hal tersebut terkait dengan penyakit tertentu, termasuk penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Buah pir diketahui kaya akan antioksidan flavonoid yang membantu melawan peradangan dan dapat menurunkan risiko penyakit.  Beberapa ulasan besar mengaitkan asupan flavonoid yang tinggi dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes. Efek ini mungkin karena sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimiliki. Apalagi pir mengandung beberapa vitamin dan mineral, seperti tembaga, vitamin C dan K yang juga bermanfaat untuk memerangi peradangan.

4. Menawarkan efek antikanker

Ilustrasi kanker.

Photo :
  • Times of India

Pir mengandung berbagai senyawa yang mungkin menunjukkan sifat antikanker. Misalnya, kandungan antosianin dan asam sinamatnya telah terbukti melawan kanker. Sehingga manfaat buah pir bisa disebut sebagai pencegah penyakit kanker. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah pir dapat melindungi dari beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, perut dan kandung kemih. Beberapa studi populasi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya akan flavonoid seperti pir juga dapat melindungi dari kanker payudara dan ovarium. Meskipun makan lebih banyak buah dapat mengurangi risiko kanker, namun penelitian lebih lanjut tetap diperlukan. Pir tidak bisa dianggap sebagai pengganti pengobatan kanker.

5. Mengurangi risiko diabetes 

makanan untuk penderita diabetes

Photo :
  • U-Report

Buah pir  terutama varietas merah diketahui dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Dalam sebuah penelitian besar yang dilakukan pada lebih dari 200.000 orang menemukan bahwa memakan 5 porsi mingguan atau lebih buah kaya antosianin seperti pir merah dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

Selain itu, serat yang terkandung di dalam buah pir juga memperlambat pencernaan, memberi tubuh lebih banyak waktu untuk memecah dan menyerap karbohidrat. Hal itu berarti juga dapat membantu mengatur kadar gula darah yang berpotensi membantu mencegah dan mengendalikan diabetes. 

6. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi kesehatan jantung.

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah pir selanjutnya diketahui adalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Antioksidan procyanidin yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi kekakuan pada jaringan jantung, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

Kulit buah pir juga mengandung antioksidan penting yakni quercetin, yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. 

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 40 orang dewasa dengan sindrom metabolik, sekelompok gejala yang meningkatkan risiko penyakit jantung, ditemukan bahwa memakan 2 buah pir ukuran sedang setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan lingkar pinggang. 

Sementara penelitian besar yang dilakukan selama 17 tahun pada lebih dari 30.000 wanita mengungkapkan bahwa setiap 80 gram buah setiap harinya dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 6-7%. Mengonsumsi pir dan buah-buahan berdaging putih lainnya secara teratur dianggap menurunkan risiko stroke. 

7. Dapat membantu menurunkan berat badan

Tips menaikkan berat badan

Photo :
  • Times of India

Manfaat buah pir yang paling disukai khususnya oleh para wanita yakni adalah dapat membantu menurunkan berat bdan. Buah pir diketahui rendah kalori, tinggi air dan mengandung serat. Kombinasi ini menjadikannya sebagai buah yang ramah untuk menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan serat dan air dapat membantumu untuk tetap kenyang.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu pada 40 orang dewasa yang makan 2 buah pir setiap harinya, berat badan mereka bisa turun dan mengecilkan lingkar pinggang mereka. Selain itu, ditemukan juga  bahwa wanita yang menambahkan 3 buah pir per hari untuk diet mereka bisa menurunkan berat badan rata-rata 1,9 pon (0,84 kg). 

Itulah sejumlah manfaat buah pir yang bisa kamu ketahui sehingga kedepannya kamu jadi lebih tahu bahwa mengonsumsi buah pir sangat baik untuk kesehatan tubuh. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disuntik booster vaksin nusantara oleh dokter Terawan.

Dilantik Prabowo Jadi Penasihat Khusus Presiden, Terawan: Siap Laksanakan Perintah

Mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dilantik menjadi Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta pada.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2024