Rutin Konsumsi Teh Hijau Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Teh hijau
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Teh hijau atau green tea menjadi minuman yang populer di kalangan masyarakat beberapa tahun belakangan. Tidak hanya enak, teh hijau mulai digandrungi lantaran sederet manfaat kesehatan.

Bisa Obati Banyak Penyakit, 14 RS Terpilih di Indonesia Bakal Dapat Pasokan Sel Punca

Beberapa manfaat mengonsumsi teh hijau antara lain dapat menurunkan risiko diabetes. Hal tersebut diungkap oleh Spesialis Farmakologi, dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, Pharm.D dalam program Hidup Sehat TvOne, Rabu 2 Maret 2022.

"Berbagai kandungan zat aktif mampu membuat glukosa masuk ke sel berakibat menurunkan kadar gula dalam tubuh," kata dia.

Konsumsi Bawang Putih Sebelum Makan Siang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

Selain itu, manfaat lain yang juga bisa dirasakan masyarakat jika mengonsumsi teh hijau secara teratur adalah dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

"Banyak bukti menunjukkan baik percobaan pada hewan dan manusia konsumsi teratur turunkan kolesterol jahat LDL. Tapi harus ingat tidak hanya konsumsi teh hijau tapi juga utamakan asupan diet yang adekuat," tutur dia.

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Pengobatan Diabetes dengan Gula Aren, Kok Bisa?

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Konsumsi teh hijau secara teratur juga dapat mengurangi risiko kardiovaskular.

"Teh hijau dapat membantu jaga kadar gula darah dan kolesterol keduanya berhubungan dengan kardiovaskular. Gula darah tinggi, ketidakseimbangan lemak darah dapat diimbangi dengan konsumsi teh hijau disamping dengan konsumsi obat dari dokter," kata Wawaimuli.

Teh hijau diketahui juga dapat menurunkan berat badan. Sebab, teh hijau kaya akan nutrisi dan antioksidan. Teh hijau untuk diet dimungkinkan karena minuman ini membantu metabolisme tubuh menjadi lebih efisien.

"Banyak bukti orang secara teratur konsumsi teh hijau berat badan ideal, di samping konsumsi teh hijau teratur, kita harus dengan diet adekuat dan olahraga yang teratur," kata dia.

Teh hijau juga diketahui bermanfaat menurunkan stress. Hal ini didasarkan pada banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi teratur teh hijau dapat menurunkan kecemasan dan menaikkan mood.

tEH hijau

Photo :
  • vstory

"Salah satu kandungan zat aktif sebabkan relaksasi dan turunkan kecemasan berlebih," kata dia.

Untuk mengonsumsi teh hijau agar masyarakat mendapatkan manfaat kesehatan antara lain:
1. Pilih teh hijau kualitas baik tidak tercemar jamur, tidak pakai zat pewarna dan pengawet
2. Tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, atau mereka yang mengonsumsi obat pengencer darah, sebab orang yang mengonsumsi obat pengencer darah jika mengonsumsi teh hijau dapat sebabkan perdarahan pada pasien.
3. Konsumsi secara umum dosis aman adalah 2-3 gelas per hari dalam air hangat.
4. Jangan dicampur gula terutama untuk pasien diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya