10 Penyebab Lidah Terasa Asam, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Ilustrasi lidah terasa asam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mulut atau lidah terasa asam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, biasanya karena makanan yang dikonsumsi memiliki rasa yang asam. Akan tetapi, rasa asam yang mendadak muncul atau tidak kunjung menghilang kerap membuat khawatir.

Resep Tahu Walik, Camilan Gurih dan Lezat untuk Keluarga

Lidah yang terasa asam tersebut tentunya akan mengganggu kenyamanan sehari-hari, terutama ketika makan. Sebab, makanan yang terasa nikmat bisa menjadi terasa tidak enak karena kondisi mulut yang asam.

Ternyata, ada banyak kemungkinan yang menyebabkan lidah terasa asam. Dikutip dari laman Cleveland Clinic dan Medical News Today, berikut ini 10 penyebab lidah terasa asam yang perlu kamu ketahui.

Dokter Tirta Jamin Minum Kopi Tiga Kali Sehari Aman, Asalkan...

Penyebab lidah terasa asam
1. Dehidrasi
Dalam beberapa kasus, rasa asam pada mulut disebabkan karena tubuh yang kekurangan air alias dehidrasi. Sebab, dehidrasi bisa menyebabkan mulut menjadi kering dan tidak memproduksi cukup air liur.

Air liur sendiri berfungsi untuk mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Mereka yang dehidrasi dan merasa mulutnya kering sering kali merasa asam pada mulutnya.

Resep Pentol Ayam Kriwil, Camilan Lezat untuk Keluarga

2. Merokok
Selain bisa menyebabkan berbagai penyakit, merokok merupakan penyebab paling umum lainnya mengapa mulut terasa asam. Merokok bisa menumpulkan indera perasa dan meninggalkan rasa sam yang membuat tidak nyaman di mulut.

Karenanya, jika rasa asam pada lidah tersebut sudah sangat mengganggu, kamu bisa mencoba untuk berhenti merokok.

3. Tidak menjaga kebersihan mulut
Kebersihan mulut yang tidak terjaga juga bisa menyebabkan mulut menjadi terasa asam. Menurut dokter keluarga Amber Tully, MD, kamu disarankan untuk rutin menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi dengan teratur.

Jangan lupa juga untuk secara rutin memeriksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi agar kondisi mulut tetap sehat dan terjaga.

4. Infeksi atau penyakit
Ketika kamu sakit, seperti demam atau infeksi sinus, indera perasa kamu biasanya akan ikut merasakan efeknya, seperti lidah terasa asam. Namun, biasanya rasa asam tersebut akan ikut menghilang seiring dengan membaiknya kondisi tubuh.

Oleh sebab itu, agar tidak terpapar oleh infeksi dan penyakit, biasakan untuk selalu mencuci tangan dan hindari menyentuh area wajah.

5. Pengobatan
Meski sakit bisa menyebabkan mulut terasa asam, obat-obatan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan munculnya rasa asam pada mulut. Dr Tully mengatakan, sejumlah antibiotik bisa menyebabkan lidah menjadi terasa asam.

“Obat-obatan yang dijual bebas juga bisa menyebabkan masalah serupa (lidah terasa asam). Terkadang lidah yang asam juga merupakan bentuk efek samping dari terapi radiasi atau kemoterapi untuk pengobatan kanker,” jelas Dr Tully.

6. GERD
Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi di mana otot yang terdapat di antara esofagus dan perut tidak bisa tertutup rapat setelah makan, sehingga asam dari makanan dan perut bisa kembali ke dalam esofagus. Akibatnya, lidah terasa asam.

Apabila kamu merupakan salah satu yang mengidap GERD dan kerap merasakan asam pada mulut, kamu bisa mencoba mengurangi rasa asam tersebut dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pola makan, seperti dengan mengurangi porsi makanan dan tidak makan beberapa jam sebelum tidur.

7. Bertambahnya usia
Seiring dengan bertambahnya usia, kata Dr Tully, kamu juga bisa menjadi lebih rentan mengalami mulut terasa asam. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya sensitivitas indera perasa.

“Seiring dengan bertambahnya usia, indera perasa kita bisa menyusut dan menjadi kurang sensitif,” jelasnya.

8. Menopause
Wanita yang sudah memasuki masa menopause juga bisa mengalami rasa asam pada mulut mereka. Sebab, pada masa ini, kadar estrogen dalam tubuh akan menurun.

9. Kehamilan
Rasa asam pada mulut merupakan keluhan paling umum selama trimester pertama kehamilan. Rasa asam tersebut muncul lantaran hormon pada tubuh berfluktuasi selama masa kehamilan, sehingga memengaruhi indera perasa.

Namun, ibu hamil tidak perlu khawatir. Rasa asam tersebut akan hilang seiring bertambahnya usia kehamilan atau setelah kamu melahirkan.

10. Kerusakan saraf
Sama seperti indera lainnya, indera perasa juga terhubung dengan saraf pada otak. Kerusakan pada saraf tersebut bisa menyebabkan perubahan pada indera perasa seseorang. Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang mengalami cedera pada kepala atau sejumlah kondisi berikut ini.

Epilepsi
Sklerosis ganda
Tumor otak
Demensia. 
Cara mengatasi lidah terasa asam
Jika lidah terasa asam tersebut disebabkan oleh hal-hal umum dan bukan karena penyakit tertentu, kamu bisa mencoba mengatasi rasa asamnya di rumah secara alami. Berikut ini caranya.

Rutin menjaga kebersihan gigi, seperti sikat gigi, flossing, dan menggunakan obat kumur antibakteri.
Mengunyah permen karet agar air liur di dalam mulut terus bergerak.
Minum banyak air putih sepanjang hari.
Menghindari faktor risiko GERD, seperti mengonsumsi makanan pedas dan berminyak.
Membasuh mulut atau kumur-kumur dengan air campuran baking soda.
Itulah 10 kemungkinan alasan mengapa lidah terasa asam dan cara alami untuk mengatasi rasa asam tersebut di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya