Tips Zaidul Akbar Atasi Serangan Asma dengan Jahe dan Cengkeh

Ilustrasi Jahe
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini.

Asma bikin Resah

Ketika paru-paru teriritasi pemicu di atas, maka otot-otot saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Maka dari itu, orang dengan asma begitu hati-hati terhadap kondisinya, mereka juga selalu menyediakan sejumlah obat baik oral atau inhalasi.

Inhalasi adalah metode pemberian obat secara hirupan ke dalam saluran pernapasan bertujuan memberikan obat-obatan asma secara langsung ke target organ, sehingga efek untuk mengobati gejala asma segera tercapai.

Terpopuler: Alasan Penis Bisa Patah, Pihak Lemonilo Buka Suara Soal Viral Ada Belatung Saat Dimasak

Inhalasi juga bisa dilakukan secara tradisional menggunakan rimpang-rimpangan. Bagaimana caranya? dr. Zaidul Akbar membagikan tipsnya.

"Jahe yang mengandung minyak atsirinya bisa kita gunakan untuk inhalasi atau nebulizer. Saya pribadi gunakan jahe ini termasuk salah satunya untuk inhalasi kalau ada orang asma caranya ada beberapa jenis herbal yang bisa dicampurkan," kata dr. Zaidul Akbar.

Apa Menu Sarapan Terbaik Biar Gak Sembelit dan Ngantuk? Begini Jawaban Zaidul Akbar

Beliau menjelaskan, untuk inhalasi bisa menggunakan campuran minyak jahe atau minyak cengkeh. Caranya gunakan 3 atau 5 tetes minyak cengkeh atau minyak jahe atau minyak kayu putih dalam air lalu direbus sampai keluar aromanya.

"Kadang saya campur juga batang sereh. Setelah mendidih, ambil panci taruh wajah di situ hampir ketutup itu nanti juga bisa membuang lendir-lendir," kata Dr. Zaidul Akbar.

Kalau memang tidak minyak seperti di atas, dr. Zaidul menjelaskan masyarakat bisa menggunakan campuran bubuk jahe.
 
"Kalau enggak ada kita campurkan juga dengan satu sendok makan bubuk jahe kemudian bisa langsung dihirup sebagai inhalasi," kata beliau.

Ilustrasi perut rata dari proses menurunkan berat badan.

Cara Memanfaatkan Jahe untuk Menurunkan Berat Badan, Bikin Auto Langsing!

Selain menghangatkan tubuh dan meredakan sakit tenggorokan, ternyata jahe juga memiliki potensi besar untuk membantu menurunkan berat badan.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024