Hari Cuci Tangan, Menkes Terawan: Selamatkan Nyawa dari COVID-19

Menkes Terawan Agus Putranto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut bahwa mencuci tangan dengan air dan sabun dapat mencegah tubuh dari beragam macam penyakit termasuk COVID-19. Hal tersebut diutarakannya dalam menyambut Hari Cuci Tangan Sedunia.

Hati-hati, Diare Terus-menerus pada Balita Bisa Sebabkan Stunting

"Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman COVID-19 dan penyakit menular lainnya," kata Menkes Terawan, dalam acara virtual Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Sedunia, Kamis 15 Oktober 2020.

Diketahui, sejak wabah COVID-19 melanda, pemerintah gencar melakukan berbagai kampanye. Dimulai dengan kampanye nasional pemakaian masker pada Agustus, lalu kampanye Jaga Jarak pada September, serta kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)  pada Oktober ini. 

Muncul di Debat Terakhir Capres, Nusron-TKN: Pak Terawan Dukung Prabowo-Gibran

Baca Juga: Terungkap, Antibodi Pasien Sembuh COVID-19 Bertahan Hingga 2 Tahun

Bertepatan dengan momen itu, Menkes Terawan mengimbau agar semua pihak baik dari kementerian, lembaga, serta pihak swasta untuk bisa mempraktikan cuci tangan pakai sabun demi mencegah penyebaran COVID-19. Untuk itu, Menkes menekankan peran penyediaan fasilitas cuci tangan di tempat publik agar mudah diakses.

Terawan hingga Eks KSAD Dudung Hadir jadi Pendukung Prabowo di Debat Pamungkas

"Saya juga meminta semua mitra untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing. Kementerian Kesehatan juga akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun," tegas Terawan.

Menanggapi imbauan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyawati menjelaskan bahwa mencuci tangan dapat menurunkan persentase penularan COVID-19. Regulasi penyediaan fasilitas cuci tangan serta gerakan mencuci tangan juga terus dilakukan sebagai langkah mencegah penyebaran penyakit menular.

"Di DKI sangat mendukung. Kita tahu dalam beberapa penelitian dengan gerakan cuci tangan sederhana bisa turunkan risiko penyakit menular. Terbukti cuci tangan 35 persen turunkan risiko penularan COVID-19," terang Widyastuti di kesempatan yang sama.

Seperti diektahui, angka kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu, tetap patuhi protokol kesehatan, lakukan 3M: Memakai Masker, Manjaga Jarak dan jauhi kerumunan, serta Mencuci Tangan Pakai Sabun. 

#ingatpesanibu
#jagajarak
#pakaimasker
#satgascovid19
#cucitanganpakaisabun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya