Benarkah Biji Daun Saga Bisa Picu Keracunan

Abrus precatorius, biji dan saga
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Tanaman saga dikenali dengan tanaman rambat, ciri-ciri daunnya yang kecil bulat dan tumbuh banyak di tangkai tanamannya. 

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Sedangkan bunganya berwarna ungu muda menyerupai bentuk kupu-kupu dan memililki biji yang mengandung zat racun yang disebut abrin.  

Selain daunnya, ternyata akar saga juga dapat berguna untuk pengobatan. Namun hati-hati, jangan sampai bijinya yang beracun tertelan karena dapat menyebabkan kematian. 

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Dilansir stylecraze, daun saga mengandung nutrisi seperti flisirizinat, pentosan, vitamin B1 dan B6, glisirizin, vitamin C, piridoxsin, vitamin A, kalsium oksalat, polygalacturomic acid dan juga protein. Semua gabungan nutrisi tersebut ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan dan juga kecantikan.

Ayo Hidup Sehat tvOne.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Tak heran bila daun saga banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional di berbagai negara, seperti untuk mengobati sakit tenggorokan, sariawan, radang amandel, batuk kering, bronchitis, hepatitis virus dan panas dalam. Sedangkan biji digunakan untuk pemakaian luar yang disebabkan oleh jamur.

Ketahui lebih jauh soal manfaat daun saga bagi kesehatan bersama pakar gizi klinis dr Verawati Sudarma, MGizi, SpGK, dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Rabu 18 April 2018.

Dipandu host dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr Sheila Salsabila, BMedSc, AYO HIDUP SEHAT juga bisa disaksikan streaming di laman ini. (hd)

Manfaat daun saga

7 Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan Tubuh, Redakan Batuk dan Sariawan

Manfaat daun saga untuk kesehatan yang paling dikenal salah satunya adalah sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit batuk dan sariawan.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2022