Boleh Berhenti Kerja, Tapi Siapkan Enam Hal Ini Dulu
- Pixabay
VIVA - Masalah di dunia kerja bisa jadi cukup kompleks. Upah tak sesuai, konflik dengan bos, ritme kerja tak teratur, atau idealisme pribadi, kerap mendorong seseorang untuk memutuskan berhenti kerja. Tak sedikit di antaranya berpikir, apa yang perlu dipertahankan jika langkah tak lagi seirama? Dunia ini cukup luas untuk berkutat dengan masalah yang menyita waktu dan pikiran. Ada banyak harapan baru di luar sana.
Ya, semua pemikiran itu benar. Tapi tunggu sebentar. Tarik napas, dan jangan buru-buru. Perjalanan karier adalah salah satu hal penting dalam hidup Anda. Keluar dari pekerjaan, sama seperti pindah rumah, perlu persiapan. Nah, apa saja persiapannya? Berikut ini seperti dilansir dari laman Forbes, Kamis, 4 Januari 2018.
Kumpulkan kontak relasi
Bekerja tentu bukan hanya sekadar menyelesaikan tugas. Anda kerap berhubungan dengan klien, pelanggan, atau vendor. Sebelum Anda meletakkan surat resign di meja bos, pastikan kontak-kontak relasi sudah Anda genggam. Mengapa? Rezeki datang dari pertemanan, siapa tahu Anda butuh bantuan terkait karier atau apa saja, relasi Anda siap menolong. Itulah alasan pentingnya meninggalkan kesan yang baik saat berhubungan dengan siapa saja.
Buat Rencana Jangka Pendek
Hidup itu panjang, jadi masih terlalu pendek untuk membakar jembatan. Maksudnya, hidup Anda tidak harus berhenti di satu tempat. Tapi pastikan Anda sudah mengantongi rencana yang matang saat memutuskan berhenti kerja. Sebagai acuan, bayangkan begini: "Apa yang akan terjadi setelah saya pergi?" Jika sudah mendapat pekerjaan baru, Anda tak perlu khawatir.
Kirim pesan pengumuman
Buat daftar nama orang-orang yang perlu Anda beritahu bahwa Anda sudah tidak lagi di posisi pekerjaan terkait. Ucapkan terima kasih atas kerja sama dan pengalaman yang semakin memperkaya catatan prestasi Anda.
Jangan ada file pribadi yang tertinggal
Rapikan file yang berisi foto pribadi, musik, film sebelum mengembalikan laptop ke bagian IT.
Ikuti aturan perusahaan
Beberapa perusahaan ada yang menerapkan dua minggu pemberitahuan resign atau satu bulan. Mematuhi aturan ini, termasuk meninggalkan kesan 'pamit baik-baik'. Jangan lupa mengucapkan terima kasih pada bos atas mentoring yang ia berikan selama Anda menjadi tim-nya.
Biaya hidup tiga bulan
Jika ketika Anda resign belum mendapat pekerjaan baru, Anda perlu menyiapkan minimal persediaan biaya hidup tiga bulan.
Â