Siap Belanja di Harbolnas? Begini Cara Maksimalkan Keuntungan Saat Belanja Online

ilustrasi Harbolnas.
Sumber :
  • Wikipedia

Jakarta, VIVA – Hari Belanja Online (Harbolnas) 2024 dimulai pada tanggal 12 Desember atau 12.12. Pada hari ini, akan banyak diskon menarik yang ditawarkan oleh toko-toko di e-commerce maupun offline store. Riset Compas Market Insights memprediksi pertumbuhan nilai penjualan sebesar 25,2 persen pada Harbolnas 2024. Selain itu, Kementerian Perdagangan juga menargetkan peningkatan transaksi hingga Rp29,812 triliun, naik 16 persen dari tahun lalu. Peningkatan ini mencerminkan optimisme dan antusiasme masyarakat dalam festival puncak belanja akhir tahun kali ini. Angka tersebut membuktikan pertumbuhan di bidang perdagangan yang signifikan.

10 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Harbolnas, Bukannya Cuan Malah Boncos!

Ada serangkaian penawaran menarik sejak awal Desember ini. Mulai dari produk-produk rumah tangga, otomotif, gadget, fashion, kecantikan, dan masih banyak lainnya. Kemeriahan ini tentunya perlu diantisipasi pelanggan, mengingat berbagai promo dan antusiasme yang tinggi dapat menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan keputusan pembelian yang tepat.

Simak beberapa tips praktis dari Lazada berikut yang bisa bantu maksimalkan keuntungan belanja pada momentum Harbolnas 2024.

7 Tips Belanja saat Harbolnas, Hemat dan Cerdas Tanpa Boros!

Susun Rencana Belanja Online

Untuk memaksimalkan keuntungan pada musim belanja online, penting untuk membuat perencanaan yang tepat. Buat daftar produk yang diincar dan prioritaskan belanja sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan. Misalnya, ingin membeli baju, peralatan elektronik, dan alat rumah tangga tertentu, maka sebelum Harbolnas dimulai bisa menuliskan dulu semua barang yang ingin dibeli, lengkap dengan harganya, agar bisa memperkirakan berapa estimasi pengeluarannya dan bisa terhindar dari pola pembelian yang impulsif.

Apa Itu Harbolnas? Simak Sejarah dan Daya Tariknya yang Dinantikan Setiap Desember

Pilih Produk Terbaik dan Terpercaya

Laporan Kantar dan Lazada yang berjudul “Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam e-commerce di Asia Tenggara” pada Oktober 2024 lalu mengungkapkan bahwa ulasan produk adalah fitur terpenting di platform e-commerce bagi 62 persen pembeli online di Indonesia. Dengan ulasan produk, pembeli dapat membuat keputusan pembelian yang lebih terinformasi.

Pada bagian ulasan produk, terdapat review yang jujur dari para pembeli sebelumnya. Kebanyakan, ada beberapa foto juga yang disematkan sehingga dapat melihat langsung contoh barangnya.

Selalu Ikuti Info Terbaru tentang Promo Harbolnas

Masih dalam laporan Kantar, sebanyak 49 persen pembeli online di Indonesia mengaku takut ketinggalan informasi terkait voucher dan diskon. Ketinggalan informasi akan membuat kehilangan kesempatan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Maka itu, penting untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru terkait promo yang diincar.

Kebanyakan toko di e-commerce juga akan memberikan informasi seputar promo lewat akun media sosial resminya.

Catat Promo dan Pasang Reminder

Kalau suka riset lebih untuk dapetin harga terbaik, berarti itu sudah pada langkah yang tepat. Laporan yang sama dari Kantar juga mengungkapkan bahwa 36 persen pembeli online di Indonesia sangat memperhatikan harga. Untuk mendapatkan penawaran terbaik, memang penting untuk selalu membandingkan harga, mencari flash sale, dan menunggu promo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya