Generasi Muda, Ini Kesempatanmu! BAT Buka Peluang Inovasi di Ajang Battle of Minds 2024
- ist
Jakarta, VIVA – British American Tobacco (BAT) kembali menggelar kompetisi Battle of Minds 2024, sebuah ajang pencarian bakat inovatif generasi muda di Indonesia. Dengan tema “Wellbeing & Simulation Industry,” BAT berharap dapat menggali potensi anak muda Indonesia yang berdaya saing di kancah industri global.
“Tujuannya itu adalah mau pertempuran untuk para bakat-bakat terpendam yang ada di kalangan muda Indonesia,” ujar Presiden Director BAT Indonesia, William Lumentut, saat ditemui di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini. Scroll lebih lanjut ya.
Battle of Minds merupakan ajang berskala internasional di mana pemenang dari setiap negara akan dipertemukan di panggung global untuk memperlihatkan kemampuan mereka. Tahun lalu, perwakilan Indonesia telah berhasil bersaing di tingkat Asia Tenggara dan mendapat kesempatan tampil di panggung internasional. Bahkan, pada 2021, perwakilan Indonesia berhasil meraih gelar juara global. BAT berharap tahun ini wakil Indonesia dapat kembali menorehkan prestasi di tingkat dunia.
“Indonesia itu kita udah bertahun-tahun selalu ikut ya. Selalu ada partisipasi, jadi kita cukup beruntung sebagai negara penghasil sumber daya manusia yang berminat untuk acara ini. Tujuannya tadi saya bilang ini kita ingin mencari ide-ide inovatif dari kalangan muda Indonesia,” tambah William.
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Battle of Minds 2024 memberikan tema khusus, yaitu “Wellness & Stimulation,” untuk menjadi fokus pengembangan ide para peserta. Pada gelaran sebelumnya, peserta diberi kebebasan untuk menentukan tema sesuai minat mereka masing-masing.
“Tapi tahun ini karena BAT secara global itu punya bisnis namanya Wellness & Stimulation. Jadi kita ada beberapa minuman ya kayak minuman yang sekali tenggak gitu, namanya Ride yang cukup sukses sekarang udah launching di Australia, di Kanada, dan di Amerika,” jelas William.
Mengacu pada produk-produk BAT seperti minuman “Ride,” ajang tahun ini mengundang peserta untuk menciptakan ide-ide inovatif di bidang makanan, minuman, atau aroma terapi yang dapat memberikan efek stimulasi atau relaksasi. Dengan demikian, peserta diharapkan mampu menghadirkan solusi yang mendukung kesehatan fisik dan mental.
Menurut William, ide-ide yang diperlombakan dalam ajang ini memiliki potensi untuk menjadi cikal bakal usaha baru. Selain itu, peserta yang keluar sebagai pemenang juga berkesempatan mendapatkan pendanaan guna memulai usaha mereka.
Untuk kompetisi di tingkat nasional, pemenang pertama akan menerima hadiah sebesar Rp40 juta, sedangkan juara kedua akan mendapat Rp20 juta dan juara ketiga Rp12 juta. Sementara itu, pemenang tingkat global akan memperoleh hadiah sebesar Rp1 miliar.
“Dan saya yakin sebenarnya kalau mereka serius dari sisi perencanaan dan juga pendanaan itu ada beberapa yang bisa sukses sih di Indonesia. Contohnya Ijo ya. Ijo itu jadi perusahaan loh. Dapat pendanaan dan mereka di tahun 2021 itu, mereka produksi ganggang laut dibuat menjadi pengganti kantong plastik,” ungkapnya, memberikan contoh konkret dari salah satu peserta yang sukses.
William menambahkan, bagi pemenang yang tidak ingin membuka usaha sendiri, ada peluang besar untuk direkrut sebagai karyawan di BAT.
“Ya pastinya ada kesempatan juga untuk melakukan seleksi, ikut seleksi untuk manajemen trainee kita. Kalau produk-produk yang mereka hasilkan kan tadi dibilang lebih unik dan ada kekhasan,” pungkasnya.