Tips Aman dari Vizza Dara, Hindari Ancaman Siber di Media Sosial

Vizza Dara
Sumber :
  • IG @vizzadara

Jakarta, VIVA – Vizza Dara, seorang figur publik yang dikenal dengan dedikasinya terhadap literasi digital, menjadi pusat perhatian dalam webinar "Makin Cakap Digital 2024" yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Webinar ini bertema "Digital Safety 101: Dasar Keamanan Akun Media Sosial" dan Vizza secara khusus menyampaikan pentingnya menjaga keamanan akun media sosial di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan tingginya interaksi digital di Indonesia.

Segera Digelar, Ini Nominasi Indonesian Movie Actors Awards 2024

Vizza menegaskan bahwa menjaga keamanan akun media sosial bukan hanya soal perlindungan diri, tetapi juga upaya untuk menjaga reputasi dan mencegah penyalahgunaan informasi pribadi. Scroll lebih lanjut.

“Kenapa sih perlu untuk mengamankan akun media sosial kita? Ada 5 hal yang harus kita perhatikan, yaitu sebagai perlindungan data pribadi, mencegah penyalahgunaan, pentingnya privasi, menjaga reputasi online, dan konten yang aman,” ujar Vizza Dara dalam keterangannya kepada para peserta webinar.

Heboh! Bakal Ada Pemilihan Ratu Transgender di Gorontalo, Polisi Ungkap Faktanya

Vizza kemudian menjelaskan langkah-langkah sederhana namun efektif yang dapat diambil oleh pengguna media sosial untuk memastikan keamanan akun mereka. Salah satu hal terpenting yang disarankannya adalah penggunaan password yang kuat dan unik. Menurut Vizza, pengguna sebaiknya mengganti password secara berkala, minimal setiap tiga bulan sekali, untuk meminimalisir risiko peretasan. Selain itu, ia juga menyarankan agar pengguna media sosial tidak menggunakan password yang sama untuk akun-akun berbeda, khususnya antara akun media sosial dan email. 

Hendak Tawuran Sepulang Sekolah, Belasan Siswa SMK di Tangerang Diamankan Polisi

"Jangan memberikan password ke orang lain kecuali orang tua dan ingat untuk log out jika tidak memakai perangkat pribadi. Yang tak kalah penting, perhatikan link yang diterima, jangan asal klik. Jangan juga install aplikasi dari sumber tidak resmi," tambah Vizza.

Peserta Webinar Makin Cakap Digital

Photo :
  • Ist

Mengutip Jure Klepic, ada kalimat yang kuat dan relevan dengan kehidupan digital saat ini: What happens in Vegas stays in Vegas, what happens on Twitter stays on Google forever. Kutipan ini memberikan peringatan penting bagi pengguna media sosial untuk selalu berhati-hati dalam bertindak di platform daring, karena jejak digital yang kita tinggalkan di dunia maya bisa bertahan selamanya.

Vizza menutup sesinya dengan pesan kepada para peserta, terutama para siswa dan guru yang hadir, untuk lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan media sosial. Menurutnya, pemahaman tentang keamanan digital merupakan kunci untuk melindungi diri dari berbagai ancaman di dunia maya. 

Polisi saat mendatangi lokasi kejadian penemuan mayat pelajar di Keerom

Pelajar SMA di Keerom Papua Tewas Ditembak Senapan Angin

Seorang pelajar SMA diketahui bernama Marselina Warombri (17), pada Rabu 11 September ditemukan meninggal dunia di kebun wilayah Kampung Bagia - Pir III, Kabupaten Keerom

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024