Kisah Inspiratif Nur Azizah, Cuma Lulusan SMP Kini Sukses Jadi MUA

MUA Nur Azizah.
Sumber :
  • Dok Pri.

Probolinggo, VIVA – Keterbatasan dalam mengenyam pendidikan formal bukanlah halangan bagi seseorang untuk bisa mengejar mimpi berkarier secara profesional. Hal itulah yang dibuktikan wanita muda bernama Nur Azizah asal kota Probolinggo, Jawa Timur. 

Wanita yang akrab disapa Azizah itu sudah berhasil mewujudkan cita-citanya sebagai seorang Make Up Artist (MUA) profesional, walaupun latar belakang pendidikannya hanya sampai sekolah menengah pertama (SMP). Scroll untuk info selengkapnya, yuk!

Rayakan Hari Ulang Tahun, Verrell Bramasta Dapat Dukungan Penuh dari Keluarga soal Kariernya

Azizah kini telah memiliki banyak klien dan mengembangkan bisnis jasa makeup dengan brand Azizah makeup. Azizah telah menunjukkan minatnya dalam dunia tata rias sejak usia dini. 

Meski tidak bisa bersekolah hingga ke level perguruan tinggi, hal ini tidak menghalanginya untuk mengejar passion dan mengembangkan kariernya di bidang tata rias dan dunia kecantikan.

Shandy Aulia Panggil MUA Ternama Cuma Buat Foto KTP, Netizen Tercengang!

“Passion saya memang di bidang makeup. Saya tidak pernah berhenti untuk mendalaminya dengan berbagai cara, termasuk belajar dengan rekan sesama MUA lainnya,” ungkap Azizah dalam keterangannya, dikutip Rabu 11 September 2024.

Disebut Sultan Andara, Raffi Ahmad Ungkap Kendaraan Pertamanya Saat Sekolah

Perjalanan Azizah sebagai MUA profesional pun dimulai pada 2021 dengan mendirikan jasa dengan brand sendiri. Keputusannya untuk terjun ke dunia tata rias didorong oleh keinginannya untuk mengasah kemampuan dan mencari nafkah melalui bidang yang ia anggap sebagai potensi terbaiknya. 

“Saya ingin mencari nafkah di bidang yang saya anggap mungkin saya bisa. Buat saya, sebagai wanita itu harus berupaya bagaimana agar menghasilkan dengan kemampuan yang dimiliki,” ungkap perempuan kelahiran 11 Maret 1997 itu.

Untuk mengembangkan keahliannya, Azizah tidak pernah puas untuk terus belajar. Ia aktif mengikuti workshop, berkolaborasi dengan sesama MUA, dan bahkan mengambil kursus makeup bersertifikat pada 2022. 

Komitmennya terhadap profesionalisme dan kualitas layanan terbukti dengan diperolehnya beberapa sertifikat kelayakan sebagai MUA pada tahun 2022, 2023 dan 2024. Meskipun perjalanannya tidak selalu mulus, Azizah menghadapi berbagai tantangan tersebut dengan tekad yang kuat. 

Di awal kariernya, ia mengalami kesulitan dalam membangun jaringan dan mencari klien. Bahkan, ia pernah mengalami miskomunikasi dengan sesama MUA. Namun, seluruh rintangan itu justru memperkuat tekadnya untuk terus berkembang.

Selain fokus pada makeup, Azizah juga memiliki keahlian unik dalam seni melukis kuku atau nail art. Hobi ini tidak hanya menjadi saluran kreatifnya, tetapi juga membuka peluang bisnis tambahan. 

Ke depan, pemilik akun Instagram @azizah_wedding dan @azizah_makeup, serta akun TikTok @azizah_979797 itu memiliki cita-cita besar untuk kariernya. Ia berharap bisa lebih dikenal luas, bahkan hingga ke luar kota. Azizah juga ingin terus meningkatkan profesionalismenya agar dapat memberikan hasil tata rias yang memuaskan bagi setiap klien.

"Semoga bisa lebih kompak dengan MUA lainnya di daerah saya. Dan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada klien saya. Dan ingin lebih banyak belajar lagi tanpa batas waktu,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya