Influencer Sophie Tobelly Inspirasi Generasi Muda dengan Tentang Etika Digital

Sophie Tobelly
Sumber :
  • IG @sophie_tobelly

Jakarta, VIVA – Sophie Tobelly, seorang yang berpengalaman dalam dunia digital di Indonesia, tampil sebagai salah satu narasumber utama pada workshop daring Makin Cakap Digital 2024 yang digelar pada 10 September 2024. Sebagai Founder Digital Influencer Indonesia, desainer fesyen, dan kreator konten, Sophie memberikan wawasan mendalam mengenai pentingnya etika digital bagi generasi muda, khususnya para peserta workshop yang terdiri dari siswa dan guru dari berbagai sekolah di Ambon.

Pemasaran Basis Data hingga AI Bisa Hanya Bisa Selamatkan Bisnis di Era Digital, Ini Penjelasannya

Dalam sesi yang bertema Periksa Fakta Sederhana, Sophie Tobelly menyampaikan pandangan kritis mengenai peran etika dalam dunia digital. Ia menekankan bahwa setiap individu yang aktif di ruang digital, terutama media sosial, harus memahami dan mempraktikkan etika digital yang baik. Scroll lebih lanjut ya.

"Kenapa kita harus memperhatikan Etika Digital? Karena kita adalah DigiFriends yang beretika," ujar Sophie dalam keterangannya.

Budi Arie Merasa "Diincar" oleh Media terkait Perkara Jet Pribadi Kaesang dan Fufufafa Gibran

Menurut Sophie, media sosial telah mengubah cara kita berinteraksi dan berkomunikasi, tetapi perubahan ini juga menuntut adanya standar etika yang baru. Ia menyoroti perbedaan budaya dan bagaimana internet menghubungkan banyak orang dengan latar belakang berbeda.

Buku Ini Hadir untuk Generasi Muda Memahami Perubahan Iklim

"Ada perbedaan budaya, standar baru etika, dan seringkali kita harus berhubungan dengan banyak orang, baik secara online maupun offline. Kita memerlukan etika untuk menavigasi semua itu dengan baik," tambahnya.

Sophie Tobelly menjelaskan empat elemen utama dalam etika digital yang perlu dipahami oleh setiap pengguna media sosial: kesadaran, tanggung jawab, integritas, dan kebajikan. Keempat pilar ini, menurutnya, adalah dasar dalam menyaring dan menyebarkan informasi di dunia digital, khususnya dalam memeriksa fakta. Di tengah derasnya arus informasi yang beredar setiap menitnya, Sophie mengingatkan bahwa tidak semua informasi yang beredar dapat diandalkan, dan penting untuk berhati-hati sebelum membagikan sesuatu kepada orang lain.

Webinar Makin Cakap Digital

Photo :
  • ist

Lebih jauh, Sophie juga membahas tentang maraknya ujaran kebencian dan penyebaran hoax di internet. Ia menekankan bahwa setiap pengguna media sosial memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan digital yang sehat dan positif.

Bagi Sophie, pentingnya etika digital tidak hanya terbatas pada perilaku online, tetapi juga menjadi refleksi dari siapa kita sebagai manusia.

"Mari kita rayakan teknologi, hormati ilmu pengetahuan, dan dukung semua bentuk kemajuan, tetapi semuanya harus demi mengangkat derajat manusia. Etika ada karena kita adalah manusia," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya