Menguak Mitos Seputar Pemberian Makanan Basah pada Kucing

Kucing peliharaan
Sumber :
  • Instagram.com/heybiblee

Jakarta, VIVA – Mitos seputar makanan untuk kucing peliharaan masih banyak beredar di tengah masyarakat, terutama mengenai perbedaan antara makanan kering dan makanan basah. Salah satu yang sering dipercayai adalah bahwa kucing hanya memerlukan makanan kering (dry food) tanpa perlu diberikan makanan basah (wet food). 

Heboh, 12 Kucing Mendadak Mati di Kota Malang

Mitos lainnya juga menyebutkan bahwa makanan basah dapat merusak pertumbuhan gigi kucing. Scroll lebih lanjut ya.

Namun, Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Takumi Terakawa, menegaskan bahwa mitos-mitos tersebut tidak benar. 

Trump dalam Debat Capres AS: Imigran Makan Anjing dan Kucing Penduduk

"Makanan basah sangat dibutuhkan oleh kucing untuk menambah asupan gizi dan nutrisi mereka," ungkap Terakawa. 

Terpopuler: Mitos dan Fakta BPA, hingga Polusi Udara Turunkan Kualitas Sperma

"Edukasi terkait berbagai mitos mengenai wet food masih perlu terus dilakukan, terutama kepada pemilik kucing. Faktanya, sudah banyak artikel yang menyatakan bahwa wet food penting untuk dikonsumsi kucing, bahkan dokter hewan pun merekomendasikannya," sambungnya.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh The Spruce Pets, dijelaskan bahwa makanan basah dapat menjadi sumber nutrisi yang baik bagi kucing serta mengandung cukup air untuk mencegah dehidrasi. Banyak dokter hewan yang bahkan merekomendasikan kucing untuk makan makanan basah secara eksklusif atau lebih sering dibandingkan makanan kering.

Takumi Terakawa menambahkan bahwa makanan basah mengandung lebih banyak nutrisi dan vitamin yang penting bagi kesehatan kucing. 

"Pemilihan makanan yang tepat sangatlah penting. Jika tidak berhati-hati, makanan yang kurang aman dapat membahayakan kesehatan kucing," jelasnya.

Atas dasar inilah, PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan produk terbaru mereka, Deli-Joy Pouch, pada Januari 2024. Deli-Joy Pouch adalah makanan basah untuk kucing yang dikemas dalam bentuk pouch. Produk ini dirancang agar kucing bisa makan dengan lahap dan aman. 
Produk itu hadir dalam dua varian, yakni Pouch Adult untuk kucing dewasa berusia di atas 12 bulan dan Pouch Kitten untuk anak kucing mulai dari masa penyapihan hingga usia 12 bulan.

Ilustrasi Kucing Peliharaan

Photo :
  • ist

Pouch Adult terbuat dari 100% ikan asli, mengandung protein, tanpa pewarna dan pengawet, serta bebas dari bahan babi. Produk ini tersedia dalam empat pilihan rasa, yaitu Tuna, Tuna dengan topping Katsuobushi (irisan cakalang kering), Tuna dengan topping Teri, dan Tuna dengan topping Ayam. 

Sementara itu, Pouch Kitten memiliki formula khusus All in 1 Kitten Grow, yang mengandung kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, vitamin A, B, dan D untuk menjaga kesehatan penglihatan dan pertumbuhan, serta taurin, yang merupakan asam amino penting untuk kesehatan jantung dan retina. Selain itu, produk ini juga mengandung niacin untuk memelihara kesehatan kulit. Deli-Joy Pouch Kitten hadir dalam dua rasa, yaitu Tuna & Cakalang serta Tuna dengan topping Ayam.

"Makanan basah yang lezat ini membantu kucing makan dengan lahap dan aman dikonsumsi karena bahannya yang alami," kata Terakawa.

"Kami juga ingin mendukung pertumbuhan anak kucing dengan nutrisi lengkap dan seimbang melalui Deli-Joy Pouch Kitten. Varian Deli-Joy Pouch merupakan komitmen kami untuk memberikan kemudahan bagi pemilik kucing dalam memilih makanan yang berkualitas tinggi, aman dikonsumsi, dan tentunya membantu kucing makan dengan lahap. Nama Deli-Joy sendiri berasal dari kombinasi kata 'Delicious' dan 'Joyful', dengan harapan bahwa selain lezat, makanan ini juga bisa membuat waktu makan menjadi lebih menyenangkan baik bagi kucing maupun pemiliknya," sambungnya.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Unicharm, banyak konsumen yang memilih makanan basah untuk kucing berdasarkan aroma dan rasa yang disukai oleh kucing mereka, serta kandungan nutrisi yang seimbang dan bahan-bahan alami.

"Kami percaya bahwa hewan peliharaan, termasuk kucing, merupakan bagian penting dari keluarga yang harus dirawat dengan baik. Oleh karena itu, kami menggunakan teknologi Jepang yang terpercaya untuk menciptakan produk makanan basah dari bahan pilihan yang aman dikonsumsi. Dengan Deli-Joy Pouch, kami berharap dapat mendukung tumbuh kembang kucing yang sehat dan bahagia," tutup Terakawa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya