Bali Jadi Surga UMKM: 5 Tahun Terus Meroket, Apa Rahasianya?
- VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)
Bali, VIVA – Sektor UMKM memberikan kontribusi besar terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, perekonomian Bali selama kuartal III 2023 tumbuh sebesar 5,35 persen (y-o-y). Pertumbuhan tersebut didukung kontribusi UMKM lokal.
Pemerintah Provinsi Bali juga mencatat jumlah UMKM di Bali meningkat pesat selama lima tahun terakhir, yaitu lebih dari 13.000 UMKM pada tahun 2019, kemudian terjadi peningkatan sebanyak lebih dari 443.000 UMKM pada tahun 2023.
Berdasarkan survei dari MetrixLab pada tahun 2024, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia juga menarik lebih banyak pengguna lokal. Tercatat, 79 persen pengguna Tokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui ShopTokopedia dan 77 persen pengguna ShopTokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui Tokopedia.
Alasannya, pengguna ingin merasakan berbagai fitur yang inovatif sekaligus pengalaman baru dalam berbelanja online.
Hal itu diungkapkan oleh Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz saat Media Workshop Tokopedia dan ShopTokopedia bersama UMKM Bali, di Denpasar, Rabu, 28 Agustus 2024.
Dengan potensi yang besar dari UMKM Bali, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya agar pelaku usaha di Indonesia bisa memulai dan membangun bisnis lewat platform Tokopedia dan ShopTokopedia.
"Dengan terus mendukung pelaku usaha di Indonesia, termasuk di Bali, harapannya masyarakat juga bisa semakin mudah dalam menjangkau berbagai produk kebutuhan, sehingga ekonomi digital Bali hingga Indonesia,” kata Rizky Juanita Azuz.
Selama 15 tahun, bersama mitra strategis, Tokopedia dan ShopTokopedia memberdayakan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM, termasuk di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri melalui berbagai upaya dan dukungan.
"Kini sudah ada jutaan penjual dari berbagai kategori di Tokopedia dan ShopTokopedia yang mayoritas UMKM, termasuk dari Bali," ucapnya.
Upaya dan dukungan yang dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia, antara lain kampanye Beli Lokal agar brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dan memperluas jangkauan penjualan ke seluruh Indonesia.
Festival Beli Lokal untuk mengapresiasi dan merayakan produk dan brand lokal yang berlangsung di Jakarta pada 24-25 Agustus 2024 lalu, serta kampanye khusus di momen spesial, seperti Waktu Indonesia Belanja atau WIB yang berlangsung setiap periode gajian dan Waktu Indonesia Beli Lokal sebagai bagian dari WIB yang menjadi panggung khusus bagi brand lokal.
“Ada juga Promo Guncang di tiap double date dengan Flash Sale 95?berapa kali sehari, Bebas Ongkir, dan berbagai promo lainnya. Bagi pelaku usaha, ada dukungan Dilayani Tokopedia untuk membantu pesanan, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir dan penanganan kendala, sehingga penjual bisa menjangkau pasar di luar kota atau pulau,” tutur Rizky.
Tokopedia dan ShopTokopedia juga berkolaborasi bersama sederet kementerian dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui fitur Live Shopping.
Fitur ini telah dimanfaatkan banyak penjual yang sukses meningkatkan penjualan hingga berkali-kali lipat lewat live streaming 12 jam hingga 24 jam sehari.
“Tokopedia dan ShopTokopedia juga mengadakan Host Academy dan Creators Lab untuk membantu masyarakat menjadi kreator konten yang kreatif, khususnya UMKM lokal, dalam mempromosikan produk. Sepanjang tahun 2023-2024, para kreator konten binaan telah membantu lebih dari 2.000 UMKM,” ungkap Rizky.
Denara Bali merupakan salah satu UMKM Bali di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri yang turut berkontribusi bagi perekonomian daerah. Lewat penjualan online dan pemanfaatan kampanye dan fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet Denara Bali bisa melonjak 3 kali lipat.
"Sejak mengikuti beragam kampanye dan menggunakan fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet Denara Bali meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye dan fitur Tokopedia dan ShopTokopedia, yang berkontribusi sebesar 25% terhadap penjualan Denara Bali," jelas CEO Denara Bali Sathya Narayana.
Menurut Sathya, melalui Tokopedia dan ShopTokopedia, Denara Bali mampu menjangkau pelanggan yang lebih luas hingga luar Pulau Bali. Beberapa produk terlaris Denara Bali seperti body scrub, hand and body lotion, dan natural soap
"Kami memanfaatkan ShopTokopedia dengan membentuk tim marketing yang di dalamnya mencakup content creator yang fokus membuat beragam konten menarik serta mengamati beragam tren," jelasnya.
Bagi Sathya, kehadiran ShopTokopedia menjadi strategi soft selling yang menggabungkan tren di masyarakat dengan tema khusus dan identitas Denara Bali yang menghadirkan harmoni antara keindahan alam dan rangkaian kecantikan, memberikan sentuhan alami yang memancarkan pesona Pulau Dewata.