Masuk Top 10 KEN, Festival Pacu Jalur Tradisional 2024 Digelar di Tepian Narosa Teluk Kuantan

Festival Pacu Jalur Tradisional (FPJT)
Sumber :
  • ist

Kuantan Singingi, VIVA – Festival Pacu Jalur Tradisional (FPJT) merupakan event wisata tahunan yang dinantikan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi. Tahun ini, FPJT dilaksanakan mulai 21-25 Agustus 2024 di Tepian Narosa Teluk Kuantan.

Sukses di Gelaran G20, Presiden Zanzibar Ingin Belajar Pengelolaan MICE ke Indonesia

Pacu jalur merupakan perlombaan mendayung perahu yang rutin dilaksanakan lebih dari seabad yang lalu. Pada perlombaan ini, peserta menggunakan perahu dari kayu utuh yang disebut jalur.

Tahun ini, FPJT diikuti oleh 225 jalur, termasuk perwakilan dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), akan bersaing memperebutkan Piala Bergilir Menteri Pariwisata. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Dieng Culture Festival 2024, Perjalanan Budaya di Negeri Atas Awan

Salah satu yang menarik dari pacu jalur adalah hadirnya seorang anak kecil sebagai tukang tari yang berdiri di haluan perahu sebagai ikon setiap perahu atau jalur.

Rayakan HUT RI! Kemenparekraf Luncurkan Pukis Kemerdekaan dan Pesona Promo Merdeka, Apa Itu?

Tukang tari biasanya memiliki keseimbangan tubuh yang bagus karena akan berdiri dan melakukan selebrasi pada saat jalurnya menang.

FPJT menggabungkan unsur olahraga dan seni, menjadikan festival ini terpilih menjadi salah satu Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui event yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Pada seremoni pembukaan, Penjabat (Pj) Gubernur Riau diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto mengatakan, pacu jalur memiliki fungsi kultural, edukatif, solidaritas, sosial dan gotong royong.

Pemerintah juga mengakui pacu jalur merupakan bagian integral warisan budaya bangsa.

"Pemerintah telah mengakui dan menetapkan Pacu Jalur sebagai bagian integral dari Warisan Budaya Nasional Takbenda asli Indonesia. Selain itu, juga telah menjadikan Pacu Jalur menjadi agenda KEN Kemenparekraf," ungkap SF Hariyanto, di lokasi acara.

Tahun ini, FPJT mengangkat tema “Pariwisata Maju, Ekonomi Meningkat, Masyarakat Sejahtera”.

Melalui tema ini, FPJT 2024 tidak hanya berfokus pada aspek budaya saja, tetapi juga diharapkan memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Selain pacu jalur sebagai agenda utama, FPJT 2024 juga turut dimeriahkan oleh festival budaya, pawai, prosesi begulang dan peragu begandung, pentas seni, festival musik, kesenian tradisional, bazar, dan pameran UMKM.

FPJT ini tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Kuantan Singingi. Restog Krisna Kusuma, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf mengungkapkan, pacu jalur juga merupakan tradisi yang telah diwariskan turun-temurun oleh nenek moyang sejak ratusan tahun yang lalu.

“Tradisi ini tidak hanya menunjukkan kecintaan kita terhadap seni dan budaya, tetapi juga simbol semangat gotong royong, kebersamaan, serta keuletan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi,” pungkas Restog.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya