ICDP 2024 Digelar di Labuan Bajo, Perkenalkan Pentingnya Pemahaman Budaya Lokal

Labuan Bajo
Sumber :
  • istimewa

NTT, VIVA – Kegiatan International Community Development Program (ICDP) 2024 sukses diselenggarakan pada 13-22 Agustus 2024. Kegiatan ini diadakan dengan fokus pada pemberdayaan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui ide implementatif mahasiswa yang berbasis pada Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (TPB). 

Tiga Tahun Holding Ultra Mikro BRI Group Layani 176 juta Nasabah Simpanan dan 36,1 Juta Debitur

Kegiatan yang digelar hasil kolaborasi BINUS University bersama Politeknik eLBajo Commodus ini memberi pengalaman unik bagi mahasiswa domestik serta internasional dalam memperkaya studinya dengan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi lalu berkolaborasi dalam upaya merumuskan solusi yang dapat meningkatkan kesejahtraan dan dampak sektor UMKM di masyarakat. Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

Mahasiswa internasional yang berasal dari perguruan tinggi terkemuka seperti University New South Wales di Australia dan Universiti Teknologi Malaysia diharapkan membentuk kolaborasi lintas negara yang meningkatkan pemahaman antara budaya dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kaya.

PON 2024 Libatkan 500 UMKM, Pj Gubernur Sumut: Banyak Sektor Terdampak Positif

Kota Labuan Bajo dipilih karena peluang pembelajaran yang dapat memperkenalkan peserta terhadap pentingnya pemahaman budaya lokal agar dapat diintegrasikan dengan teori, permasalahan di masyarakat, dan konsep TPB untuk menghasilkan solusi melalui peran teknologi.  

Inspiratif, Ini Peran Praja IPDN dalam Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan di Jawa Tengah

Debby Sonita Lubis, S.Psi., M.Soc.Sc., selaku Project Lead serta Internationalization Office Associate Manager di BINUS University, mengatakan, tahun ini, ICDP menjadi harapan agar mahasiswa berkesempatan untuk mengeksplorasi inovasinya dalam mengembangkan sektor UMKM dengan mengintegrasikan tema TPB. 

“Inovasi ini diharapkan dapat diadopsi oleh UMKM sehingga tidak hanya meningkatkan kualitas usahanya serta memberi dampak yang berarti bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Debby dalam keterangannya, dikutip Minggu 25 Agustus 2024.

Kepala Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Marianus Yono Jehanu, menyerukan hal senada, di mana kolaborasi BINUS University dengan Politeknik eLBajo Commodus dapat mendorong kemajuan UMKM khususnya di Desa Batu Cermin, yang merupakan salah satu tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. 

“Kami berterima kasih atas ide positif yang diberikan karena menjadi potensi untuk direalisasikan. Hal ini merupakan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan,” tambah Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Manggarai Barat, Yosef Edward Nairum Nahas (Teddy Nahas).

Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si, Direktur Politeknik eLBajo Commodus, menyampaikan apresiasi kepada BINUS University atas terselenggaranya kegiatan ICDP 2024 di Labuan Bajo. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi nyata dari kerja sama strategis antara BINUS University dan Politeknik eLBajo Commodus untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat.

“Kami berharap melalui kerjasama ini, dapat terjalin hubungan yang lebih erat antara kedua institusi, serta mendorong terciptanya inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Terima kasih kepada Binus University dan semoga kerjasama yang telah terjalin dapat terus berlanjut dan semakin memberikan dampak positif bagi semua pihak,” tambah Prof. I Nengah Dasi Astawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya