Lewat Pameran AKI 2024, Sandiaga Uno Harap UMKM Lokal Bisa Tembus Pasar Global

Menparekraf, Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Kemenparekraf.

NTT, VIVA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengangkat potensi UMKM lokal ke pasar global, melalui ajang Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI).

PON 2024 Libatkan 500 UMKM, Pj Gubernur Sumut: Banyak Sektor Terdampak Positif

Dalam tahun 2024 ini, Kemenparekraf menggelar pameran AKI di sejumlah daerah, di antaranya di Labuan Bajo, NTT pada 8-10 Agustus 2024 dan Merauke, Papua Selatan pada 9-11 Agustus 2024. Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

Pameran AKI merupakan upaya Kemenparekraf memfasilitasi kolaborasi antara pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas kreatif. Hal ini diharapkan dapat menciptakan jejaring yang kuat dan mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. 

Inspiratif, Ini Peran Praja IPDN dalam Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan di Jawa Tengah

Pameran AKI sangat diminati para pelaku UMKM. Buktinya di Pameran AKI Labuan Bajo, tercatat 33 UMKM turut ambil bagian. Rinciannya untuk kategori kuliner sebanyak 18 UMKM, kriya 6 UMKM, fesyen 6 UMKM dan musik sebanyak 3 UMKM. Sementara di pameran AKI Merauke sebanyak 35 UMKM, terdiri dari kategori kriya sebanyak 12 peserta, kuliner sebanyak 16 peserta, fesyen 2 peserta, musik 3 peserta dan film sebanyak 2 peserta. 

Jurus Mercy Corps Indonesia dan Nikel Perluas Akses Kredit Bagi Pelaku UMKM Perempuan

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan sejak tahun 2021, program AKI telah hadir memberikan bukti nyata pemerintah untuk mendukung perkembangan UMKM lokal. Tujuannya agar UMKM lokal bisa menembus pasar global. 

Ia berharap penyelenggaraan AKI dapat mewujudkan pencapaian nilai produk ekspor ekonomi kreatif tahun 2024 yang ditargetkan mencapai 28 miliar dolar AS.

"Saya berharap kalian di sini juga berkolaborasi dengan para peserta lainnya dan masyarakat setempat, sehingga produk-produk bapak/ibu sekalian (peserta AKI) bisa mendapatkan potensial buyer dan investor. Dan akhirnya kita ingin Indonesia memperluas produk-produk UMKM-nya tembus ke pasar global," kata Sandiaga saat membuka pameran AKI di Labuan Bajo, belum lama ini, dikutip dari keterangannya, Minggu 25 Agustus 2024. 

Sandiaga berharap melalui pameran AKI seluruh pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan kolaborasi antar pelaku industri kreatif yang menginspirasi generasi muda. Selain itu juga mempromosikan produk kreatif lokal agar dapat bersaing.

"Saya ingin memastikan bahwa AKI 2024 akan menghasilkan UMKM yang siap naik kelas sesuai janji saya dan terima kasih juga kepada dinas terkait yang sudah memberikan support-nya kepada program ini, sehingga program ini dapat terlaksana dan hadir di tengah masyarakat dan pelaku kreatif yang ada di Merauke," ujar Sandiaga.

Dua musisi top Tanah Air, Saykoji dan Toton Caribo, turut memeriahkan Pameran AKI Labuan Bajo. Di sisi lain, Merauke juga tak kalah meriah dengan kehadiran stand up comedy Budi Kido dan penyanyi Marcelina Murtya Umar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya