Red Flag! Begini Cara Menghadapi Orang yang Suka Pamer

Ilustrasi Orang Pamer
Sumber :
  • lovetoknow

Jakarta, VIVA – Setiap orang mempunyai sifat yang berbeda-beda. Inilah mengapa Anda penting mempunyai kemampuan adaptasi sosial yang baik sehingga mampu menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan (circle) pertemanan maupun pekerjaan.

Paula Verhoeven Curhat ke Nagita Slavina Soal Riasan Wajahnya Dikritik Baim Wong

Meskipun begitu, ada kalanya kita merasa lelah dan habis kesabaran saat menghadapi orang lain yang memiliki sifat bikin 'gerah'. Salah satunya adalah sifat pamer (show off) atau flexing yang kerap dibagikan di media sosial. 

Sikap pamer tak melulu tentang menunjukkan kekayaan atau harta, tetapi juga flexing perihal prestasi, pencapaian, karier hingga kehidupan pribadinya. Sikap pamer lantas membuat kita merasa iri, kesal, atau bahkan tertekan.

Sederet Sikap Red Flag Baim Wong ke Paula Paula Verhoeven Bikin Netizen Geleng-geleng

Jangan terpancing dengan menunjukkan rasa kesal dan iri. Pasalnya, orang yang suka pamer cenderung semakin menjadi jika melihat Anda memberikan respon seperti itu. 

Cara Menghadapi Orang yang Suka Pamer

Photo :
  • hackspirit.com/
Soroti Oknum Pati Polri Suka Flexing, Haidar Alwi: Harusnya Mereka Malu sama Kapolri

Dikutip dari newfemme, berikut tips yang bisa Anda lakukan saat menghadapi orang yang suka pamer. Simak ulasan berikut ini, ya. 

Cara Hadapi Orang yang Suka Pamer

1. Alihkan Pembicaraan

Trik untuk menghadapi orang pamer adalah mengalihkan pembicaraan dengan mengganti topik pembahasan. Jangan beri kesempatan bagi mereka terus membual membanggakan semua pencapaian. 

Usahakan tidak menentang atau bertindak agresif saat mengalihkan topik pembahasan. Tujuannya guna menghindari pertengkaran dan tidak begitu kentara bahwa Anda kesal dengan sifat pamer orang tersebut. 

2. Berikan Pujian

Ilustrasi Orang Pamer

Photo :
  • alyaum.com

Meskipun Anda merasa tidak nyaman dengan sikap red flag ini, memberikan pujian yang tulus atas pencapaian orang tersebut dapat membantu meredakan ketegangan.

Gunakan kata-kata yang tepat supaya tidak terkesan sarkas yang menyebabkan pertemanan Anda rusak.

Selain memuji orang tersebut, Anda juga bisa memberikan pujian kepada orang lain yang mempunyai prestasi yang sama.

Biasanya, orang yang suka pamer tidak suka dengan hal tersebut. Hal itu akan secara otomatis membuatnya berhenti membual tanpa harus Anda minta.

3. Jujur bahwa Anda Tak Suka

Trik lain adalah untuk jujur bahwa Anda tidak suka dengan sifat pamer yang dipertontonkan orang tersebut. Bicarakan secara baik-baik dan katakan sifat buruk itu tidak bisa diterima oleh semua orang sehingga dia harus mulai menguranginya.

Sampaikan pula bahwa Anda paham setiap orang pasti ingin mendapat pujian tetapi pamer bukanlah cara yang tepat.

Beri masukan juga agar dia tidak berlebihan dalam bercerita. Semata-mata itu untuk kebaikan orang tersebut.

4. Basa-Basi dan Pergi

Cara paling jitu saat menghadapi orang pamer adalah untuk basa-basi dan segera tinggalkan. Terutama dalam menghadapi orang pamer yang memang sulit merubah kebiasaan buruk.

Apalagi jika perkataan sudah membuat Anda terganggu dan risih. Pergi adalah solusi terbaik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya