Sandiaga Uno Pengin Lomba Lari di Indonesia Setara World Major Marathon di Tokyo

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

Bandung, VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan Pocari Sweat Run 2024. Beliau berharap agar acara ini dapat ditingkatkan skalanya menjadi setara dengan World Major Marathon di Tokyo pada masa mendatang.

Komitmen Bangun Ekosistem Olahraga di Indonesia

Sandiaga Uno menyampaikan hal ini sesaat setelah memasuki garis finish saat Pocari Sweat Run, yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Minggu 21 Juli 2024 lalu. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Adanya belasan ribu peserta Pocari Sweat Run ini memacu masyarakat untuk bergaya hidup sehat sekaligus menggerakkan ekonomi. Dengan rute yang sangat menantang, berbagai elevasi, dan cuaca sejuk, kita dapat mengundang negara-negara lain untuk mencoba pariwisata berbasis olahraga ini," kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, dikutip Jumat 23 Agustus 2024.

Wujudkan Harmoni Budaya Indonesia-India, Pameran Lukisan Dubes Jayant Khobragade Hadir di Jakarta

Sejumlah Publik Pigur Ramaikan Pocari Sweat Run Indonesia 2024 (foto: Dede Idrus)

Photo :
  • VIVA.co.id/Dede Idrus (Bandung)

Sebelumnya, Kemenparekraf mengadakan pre-race dari Sabang hingga Merauke untuk menyiapkan acara ini. Sandiaga pun berharap event pariwisata berbasis olahraga ini dapat terus ditingkatkan dan mengambil inspirasi dari kegiatan lari dunia populer seperti World Major Marathon di Tokyo.

Sosok Nikocado Avocado yang Berhasil Turunkan Berat Badan 113 kg dalam 7 Bulan

Event ini untuk pertama kalinya berlangsung selama dua hari, yakni pada 20 dan 21 Juli 2024. Jika di tahun sebelumnya total peserta lomba mencapai kurang lebih 27.398 orang secara offline dan online, di tahun ini ada peningkatan signifikan sejalan dengan penambahan satu hari pelaksanaan kegiatan. 

Pihak penyelenggara mendata ada 42 ribu peserta yang mengikuti ajang event lari hybrid terbesar di Indonesia ini. Tahun depan penyelenggara menargetkan sebesar 100 ribu pelari yang diharapkan dapat mengikuti event ini.

Menparekraf Sandiaga juga menekankan bahwa penyelenggaraan event pariwisata berbasis olahraga memiliki dampak luas bagi masyarakat. 

"Tingkat rata-rata pengeluaran wisatawan dua kali lipat lebih tinggi dari wisatawan pada umumnya. Kualitas wisatawannya meningkat sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan pembukaan lapangan pekerjaan seluas-luasnya," ujar Sandiaga.

Selain lari, Sandiaga menyebutkan bahwa banyak kegiatan pariwisata berbasis olahraga lainnya yang dapat dilakukan di Indonesia seperti sepeda, duathlon, triathlon, dan otomotif yang mudah menarik wisatawan mancanegara. 

"Ini menunjukkan pentingnya pertumbuhan sports tourism di Indonesia dan besarnya potensi yang dimiliki untuk menjadi bagian dari pertumbuhan tersebut," pungkasnya. 

Selain kegiatan lari, Pocari Sweat Run 2024 juga menyediakan berbagai aktivitas menarik dan edukatif terkait kesehatan dan kebugaran, menjadikannya lebih dari sekadar lomba lari, tetapi juga perayaan gaya hidup sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya