Ramai Isu Selebgram Main Serong, Begini Pandangan Ustaz Khalid Basalamah tentang Istri Selingkuh

Ustaz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jakarta, VIVA – Baru-baru ini, jagat media sosial diramaikan rumor perselingkuhan Azizah Salsha, selebgram sekaligus istri pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan, dengan Salim Nauderer, mantan kekasih Rachel Vennya. Isu ini memicu banyak spekulasi di kalangan netizen.

Profil Nadia Vega, Aktris Cantik yang Viral karena Rumah Mewahnya Terbengkalai 20 Tahun

Meski rumor ini sudah diklarifikasi oleh Azizah Salsha, namun tetap saja menjadi isu yang diperbincangkan saat ini. Terlepas dari rumor tersebut, sebenarnya bagaimana sih hukum istri berselingkuh menurut Islam? Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Dalam sebuah kajian yang diunggah di YouTube, pendakwah kondang Ustaz Khalid Basalamah, sempat memberikan penjelasan mengenai ini. Menurut dia, jika seorang istri berselingkuh namun kemudian bertaubat dengan sungguh-sungguh, maka suami memiliki pilihan untuk tetap mempertahankan rumah tangga. 
 

Andre Taulany Digosipkan dengan Amanda Rigby, Erin Taulany Singgung tentang Keikhlasan

Ilustrasi selingkuh

Photo :
  • pixabay/ jakobing85

"Kalau istri antum ini selingkuh kemudian memang dianya sudah taubat nasuhah. Ini antum punya khiyar, orang punya khiyar. Jadi yang terbaik, terima, dan sabar," kata Ustaz Basalamah seperti dikutip dari kanal YouTube Syifa TV, Kamis, 22 Agustus 2024.

Viral Video Azizah Salsha Dipeluk Pria dari Belakang Usai Nonton Timnas

Namun, sambung dia, bagi suami yang merasa sulit untuk menerima atau memaafkan, Ustaz Basalamah mengingatkan agar mempertimbangkan baik-baik sebelum mengambil keputusan. Dia menuturkan, dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW juga pernah memberikan nasihat kepada seorang sahabat yang istrinya tidak pernah menolak bila tangannya dijamah lelaki lain.

"Talikhah, ceraikan aja, kalau gitu," ujarnya. Namun, saat itu sang sahabat mengungkapkan, bahwa dia masih mencintai istrinya, dan Nabi SAW berkata, "Amsikhah, kalau begitu, pertahankan dia," sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Ustaz Khalid Basalamah juga menjelaskan hukum jika seorang istri meninggalkan rumah tanpa izin suami. "Kalau istri sudah tinggalkan rumah, sudah jatuh talak atau tidak? Jawabannya, tidak. Tapi dia (istri) berdosa besar," jelasnya. 

Dia menekankan bahwa perceraian hanya terjadi jika ada ucapan cerai dari suami atau jika istri mengajukan cerai dan disetujui oleh hakim. Tetapi, untuk menghadapi ujian seperti ini, dia menekankan pentingnya kesabaran. 

"Kalau misalnya, kalau istrinya tidak taubat, yakin lah teman-teman, kadang-kadang Allah ingin menghilangkan sesuatu dari kita dengan caranya," ujarnya. Ustaz Khalid Basalamah juga menyarankan agar para suami yang menghadapi masalah tersebut bersabar dan yakin bahwa Allah akan menggantikan dengan yang lebih baik.

"Sabar, sabar akhirnya Allah datangkan pasangan yang luar biasa, baik perempuan ataupun laki-laki yang sabar usai ditinggal oleh pasangannya, Allah akan gantikan yang jauh lebih baik daripada itu," kata Ustaz Khalid Basalamah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya