Seni dan Kreativitas Bertemu di Acara Canvas of Dreams

Acara Canvas of Dreams
Sumber :
  • ist

Jakarta, VIVA – Indonesia memiliki potensi besar dalam dunia seni, khususnya di kalangan generasi muda. Dalam upaya mendukung dan mengembangkan potensi tersebut, for the heARTS organization (FTHO), sebuah organisasi yang berfokus pada pemberdayaan seniman muda Indonesia, dengan bangga akan menyelenggarakan acara perayaan seni bertajuk Canvas of Dreams.

Atraksi Kesenian Aceh Meriahkan Pembukaan PON XII 2024

Acara ini akan berlangsung pada 24-25 Agustus 2024 di Chillax Sudirman, Jakarta. Scroll lebih lanjut ya.

Canvas of Dreams hadir sebagai platform bagi para seniman muda untuk menampilkan karya-karya mereka, menginspirasi komunitas, serta berkontribusi langsung pada perkembangan seni di Indonesia. Acara ini akan menampilkan beragam karya seni dari 24 seniman muda dengan rentang usia 12 hingga 30 tahun, yang mengeksplorasi berbagai gaya, medium, dan pengaruh budaya.

Sentuhan Seni dalam Foto Maternity Patricia Gouw Jadi Sorotan

Audrey Kurniawan, seorang seniman muda sekaligus Founder for the heARTS organization, menyatakan bahwa tujuan utama dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk menciptakan wadah bagi seniman muda agar mereka dapat berkreasi, berkolaborasi, dan memperoleh pengakuan yang layak.

Enggan Masuk Politik, Sule: Lahir Sebagai Seniman, Mati Pun Saya Mau Sebagai Seniman

“Tidak hanya itu, pendapatan dari acara ini akan digunakan untuk mendukung program-program pengembangan seni bagi generasi muda Indonesia,” tambahnya.

Canvas of Dreams akan memberikan ruang bagi total 24 karya seniman muda, yang akan dipamerkan di Hall Commune Space, Chillax Sudirman, Jakarta. Acara ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya alias free entry, sehingga semua kalangan masyarakat dapat turut serta menikmati karya-karya yang dipamerkan.

ilustrasi lukisan di rumah

Photo :
  • Pixabay

Salah satu seniman muda yang akan menampilkan karyanya adalah Cleo Audrea Sunaryo, seorang gadis berusia 16 tahun yang dikenal dengan gaya seninya yang khas. Cleo menggabungkan permainan tekstur yang playful dengan palet warna yang hidup, menciptakan karya seni yang mampu mengajak penikmat seni untuk merasakan keindahan dunia imajinatifnya. “Lebih dari sekadar pameran seni, Canvas of Dreams dirancang sebagai wadah bagi para seniman muda untuk berinteraksi langsung dengan publik dan para penikmat seni, berbagi cerita di balik karya mereka, dan mendapatkan apresiasi yang layak,” jelas Audrey.

Selain pameran, acara ini juga akan menghadirkan sesi talkshow yang inspiratif bersama Intan Anggita Pratiwie, co-founder Setali Indonesia yang dikenal sebagai recycling artist dan pendukung sustainable fashion, serta Muklay (Muchlis Fachri), seorang seniman visual ternama. Keduanya akan berbagi pengalaman dan pandangan mereka tentang perjalanan seni hingga mampu menciptakan karya yang dikenal secara global.

Pengunjung juga dapat mengikuti berbagai workshop seni yang tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, tetapi juga sebagai terapi seni untuk menjaga kesehatan mental. Beberapa workshop yang ditawarkan antara lain adalah acrylic pouring bersama Alia Affandi dari Pour Favor, textiles art workshop bersama Seratan Studio, serta tumbler painting kolaborasi FTHO bersama Selekta.

Seniman Audrey Kurniawan

Photo :
  • ist

Melalui Canvas of Dreams, FTHO ingin menumbuhkan kreativitas, menginspirasi masyarakat, serta memberikan kesempatan untuk "giving back" kepada para seniman muda yang membuka lelang karyanya, sekaligus mendukung masa depan komunitas seni di Indonesia. Karya dari sembilan seniman muda, yaitu Cleo Audrea Sunaryo, Nadya Emily Surya, Askia Esa Aulia, Biyan Fadila Umar, Feodor Evie Pranata, Nadine Fave, Denny Nugraha, Anindya Khairinnisa, dan Filbert Marciano Brentan, akan dilelang kepada publik. Hasil dari lelang ini akan didonasikan kepada Yayasan Kasih Mandiri Bersinar, sebagai bentuk dukungan dari FTHO dan para seniman muda untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Tidak hanya donasi, FTHO juga akan berpartisipasi dalam memberikan pembelajaran seni kepada anak-anak di yayasan tersebut.

“Kami berharap, ke depannya Canvas of Dreams dapat membuka peluang baru bagi komunitas seni. Anak-anak muda berbakat kini memiliki kesempatan untuk unjuk karya dan membangun masa depan seni Indonesia yang lebih baik dan bermakna, sembari memberi dampak positif yang berarti bagi sesama,” tutup Audrey.

Acara Canvas of Dreams akan digelar di Hall Commune Space, Chillax Sudirman, Jakarta pada 24-25 Agustus 2024, mulai pukul 10.00 hingga 20.30 WIB, dan terbuka untuk umum tanpa biaya masuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya