Inspirasi Merayakan Hari Kemerdekaan, Memberi dan Berbagi

Kirab Bendera Merah Putih di Bunderan HI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Hari Kemerdekaan Indonesia, yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, merupakan momentum bersejarah yang penuh makna bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain sebagai ajang untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan, momen ini juga menjadi waktu yang tepat untuk menumbuhkan semangat persatuan, nasionalisme, dan kepedulian terhadap sesama. 

Sekolah Swasta di Jaksel Buka Suara soal Dugaan Bullying yang Dilaporkan ke Polisi

Salah satu cara merayakan Hari Kemerdekaan yang dapat menginspirasi adalah dengan berbagi dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, seperti yang dilakukan oleh Wanda House of Jewels. Scroll lebih lanjut ya.

1. Berbagi dengan Mereka yang Membutuhkan

Kenko Stationary Gandeng Sampari Launching Buku Cerita "Sampari Si Cendrawasih"

Salah satu cara paling bermakna untuk merayakan Hari Kemerdekaan adalah dengan berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Wanda House of Jewels telah memberikan contoh inspiratif dengan mendonasikan 100% hasil penjualan 30 kalung berlian untuk pembangunan sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Aksi ini tidak hanya membantu meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil, tetapi juga memperlihatkan bagaimana sebuah usaha dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Diduga Jadi Korban Bullying, Murid SMA Swasta di Jaksel Lapor Polisi

"Setiap proyek pembangunan sekolah melibatkan masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomian mereka," jelas Wanda.

Anda pun bisa ikut merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara yang serupa. Misalnya, dengan mengumpulkan donasi untuk membantu anak-anak kurang mampu, mendukung program pemberdayaan masyarakat, atau memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak bencana alam. Berbagi tidak harus selalu dalam bentuk materi, namun juga bisa berupa waktu, tenaga, atau ilmu pengetahuan.

2. Menyelenggarakan Kegiatan Sosial

Selain berbagi, Anda juga bisa merayakan Hari Kemerdekaan dengan menyelenggarakan kegiatan sosial di lingkungan sekitar. Kegiatan seperti bakti sosial, gotong royong membersihkan lingkungan, atau memberikan pelatihan keterampilan bagi warga setempat dapat mempererat hubungan sosial dan menumbuhkan rasa kebersamaan. Kegiatan sosial seperti ini juga menjadi kesempatan untuk menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama.

Wanda Ponika, pendiri Wanda House of Jewels, menunjukkan bahwa kegiatan sosial bisa dilakukan secara konsisten dan terencana. Selama lima tahun terakhir, ia telah mendirikan 10 sekolah di kawasan Indonesia Timur, sebuah contoh nyata dari dedikasi terhadap pendidikan dan masa depan anak-anak bangsa. Anda bisa mengikuti jejak ini dengan menginisiasi kegiatan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masyarakat di sekitar Anda.

"Dulu, kami fokus membangun sekolah berukuran kecil. Sekarang, kami mencari sekolah-sekolah dengan jumlah siswa yang banyak namun dengan kondisi yang mengenaskan, untuk kemudian kami bangun menjadi sekolah yang lebih besar," kata Wanda.

Sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sumba, Nusa Tenggara Timur

Photo :
  • ist

3. Menggunakan Media Sosial untuk Menginspirasi

Di era digital ini, media sosial merupakan alat yang sangat efektif untuk menyebarkan inspirasi dan menggerakkan orang lain. Wanda Ponika dikenal aktif di media sosial dan sering berbagi pandangannya tentang berbagai isu sosial, termasuk kepeduliannya terhadap pendidikan. Dengan menggunakan platform seperti Instagram, Facebook, atau Twitter, Anda bisa mengajak teman-teman dan pengikut Anda untuk ikut serta dalam gerakan kebaikan, baik itu dalam bentuk kampanye donasi, edukasi, atau penggalangan dana.

Dengan membagikan cerita-cerita inspiratif, Anda dapat memotivasi orang lain untuk turut berkontribusi. Misalnya, Anda bisa berbagi cerita tentang dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat akibat dari kegiatan sosial yang Anda lakukan, atau menginformasikan tentang kebutuhan mendesak yang bisa segera diatasi jika banyak orang turut membantu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya