Raih MURI, Selonia Pasang Bendera Balon Merah Putih di Bawah Air

Rekor MURI untuk Seniman Balon Indonesia (Selonia)
Sumber :
  • ist

Jakarta, VIVA – Perkumpulan Seniman Balon Indonesia (Selonia) berhasil mencatatkan rekor baru di Museum Rekor Indonesia (Muri) dengan menampilkan konfigurasi bendera merah putih yang terbuat dari rangkaian balon di kolam terdalam se-Asia Tenggara. Pencapaian ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.

Menlu Retno: Jangan Tinggalkan Palestina Sendirian di Tengah Hak-hak Mereka Dirampas

Ketua Selonia, Elise Santoso, mengungkapkan bahwa rekor ini tidak hanya menjadi rekor dalam negeri, tetapi juga mencetak sejarah sebagai dekorasi bawah air dengan balon pertama di dunia. Scroll lebih lanjut.

"Ini merupakan karya seni yang unik dan penuh tantangan, mulai dari pengisian balon di darat hingga pemasangannya di kedalaman 10 meter di dalam air," kata Elise saat berbincang di Tribuana Dive Center, Cijantung, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Rekor MURI Diberikan untuk Padukan Olahraga Lari dan Scaling Gigi dalam Satu Acara

Ada 28 seniman dari 13 kota di seluruh Indonesia turut serta dalam proses penciptaan karya monumental ini. Dari jumlah tersebut, empat seniman yang memiliki lisensi menyelam turun langsung untuk memasang balon di dalam air, memastikan setiap balon ditempatkan dengan presisi di kedalaman kolam.

Bakal Catat Rekor Muri, MTQ Nasional XXX 2024 Dijadwalkan Dibuka Jokowi

Elise mengakui bahwa upaya memecahkan rekor ini bukanlah hal yang mudah. Proses persiapan untuk konfigurasi bendera yang berukuran 4,5 meter ini memakan waktu hingga dua bulan. Selain itu, proses pengajuan pemecahan rekor ke Muri juga membutuhkan waktu sekitar satu bulan, guna memastikan bahwa rekor ini benar-benar layak dan unik.

"Harapannya, lewat instalasi ini, masyarakat Indonesia dapat terinspirasi untuk terus berkarya dan semakin mencintai Tanah Air," tambah Elise. Selonia berharap bahwa dengan adanya rekor Muri ini, industri seni balon di Indonesia akan semakin dihargai, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Rekor MURI untuk Seniman Balon Indonesia (Selonia)

Photo :
  • ist

Elise juga menegaskan bahwa tujuan dari karya ini adalah untuk menginspirasi masyarakat Indonesia agar terus berkarya tanpa batas. 

"Kita bisa berkarya tanpa batas. Karena kreativitas tidak mengenal ruang, waktu, dan jarak. Dan juga harapannya meningkatkan semangat cinta Tanah Air," tutup Elise.

Dengan tercapainya rekor ini, Selonia membuktikan bahwa seni balon tidak hanya bisa diaplikasikan di darat, tetapi juga dalam kondisi dan lokasi yang menantang seperti di kedalaman air. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya