Festival Budaya Lembah Baliem, Tradisi Perang yang Jadi Daya Tarik Wisata

Ilustrasi warga adat suku di Lembah Baliem
Sumber :
  • ist

Usilimo Jayawijaya, VIVA – Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) kembali digelar. Bertempat di Distrik Usilimo Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, event ini berlangsung mulai 7 hingga sampai 9 Agustus 2024.

Anggota Polri Ditembak Dada dan Punggungnya oleh OTK di Lanny Jaya Papua

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya suku-suku di Lembah Baliem Kabupaten Jayawijaya.

Lembah Baliem adalah jantung Kabupaten Jayawijaya, adalah rumah bagi suku Dani, Lani, dan Yali. Setiap tahun, mereka mengadakan festival sebagai ungkapan syukur atas karunia alam.

Detik-detik OTK Umbar Tembakan 2 Kali di Papua, Anggota Polisi Brigpol Johan Tewas

FBLB 2024 merupakan ajang atraksi budaya yang bertujuan mempromosikan seni dan budaya yang berkembang di Wamena, Papua Pegunungan, sebagai daerah tujuan wisata bagi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Tradisi perang yang awalnya menjadi bagian dari ritual, kini menjadi daya tarik utama FBLB. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Trigana Air Tergelincir di Bandara Serui Papua, Bawa Rombongan Istri Pj Gubernur Papua

Sejak tahun 1989, perayaan ini dibuka untuk umum dan telah menjadi salah satu festival tertua dan paling ikonik di Papua, menyajikan kekayaan budaya suku-suku di tanah Papua.

Kegiatan ini juga diharapkan memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjaga dan menghormati warisan budaya di Lembah Baliem.

“Festival Budaya Lembah Baliem ini merupakan sebuah acara untuk melestarikan budaya masyarakat Lembah Baliem yang digelar di wilayah Kabupaten Jayawijaya pada bulan Agustus dengan cara memperkenalkan budaya tempat sendiri,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Engelbert Ch. W. Surabut.

Tahun ini, FBLB mengusung tema “The Pearl of Great Baliem” untuk menonjolkan keunikan, keindahan, dan kekuatan budaya dari Suku Hubula yang telah mendiami Lembah Baliem dari generasi ke generasi.

Dalam rangka menyukseskan event tahun ini, FBLB 2024 melibatkan 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya dengan masing-masing mengirimkan 50-70 penari kolosal. Selain itu, acara ini juga mengundang kontingen dari Kabupaten Lani Jaya dan Kabupaten Yahukimo untuk tampil pada acara ini.

Berbagai pertunjukan akan tampil diantaranya pertunjukkan atraksi perang suku, atraksi karapan babi, beragam pertunjukan permainan tradisional, hingga perlombaan-perlombaan.

Ilustrasi warga adat suku di Lembah Baliem

Photo :
  • ist

FBLB 2024 juga akan menampilkan peradaban nenek moyang suku Hubula melalui atraksi kolosal perang-perangan, permainan olah raga anak remaja (sikoko dan puradan) yang mengasah ketangkasan melempar tombak, atraksi karapan babi, atraksi Bakar Batu (memasak cara tradisional) serta pergelaran seni tari dan permainan musik tradisional Pikon.

Pada puncak acara festival, akan ditampilkan atraksi karnaval budaya nusantara sebagai wujud kecintaan terhadap negara dan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

“Kami optimis FBLB tidak hanya menjadi ajang promosi destinasi wisata, seni dan budaya serta produk-produk ekonomi kreatif, namun kedepannya harapan kita bersama bahwa akan lahir banyak lagi para pelaku ekonomi kreatif sehingga nantinya kegiatan ini akan terus berkelanjutan dan semakin berkualitas, tentunya dengan selalu berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi, serta menetapkan semangat 3G, Gercep, Geber, Gaspol,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Kegiatan yang diadakan turun-temurun ini terpilih sebagai salah satu dari agenda Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui event yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya