Komunitas Ekspatriat Meriahkan Karnaval Budaya Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi

Karnaval Budaya Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Sumber :
  • ist

Bakasi, VIVA – Komunitas ekspatriat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat turut memeriahkan penutupan Karnaval Budaya dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-74 daerah itu 15 Agustus 2024 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-79 RI dengan tampil memukau di Distrik 1 Meikarta.

Utamakan Edukasi dibandingkan Advokasi, Dirut BRI Sunarso Bagikan 5 Jurus Dorong UMKM Indonesia Maju

"Hajatan besar berupa karnaval budaya oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi di kawasan Meikarta ini diikuti 23 kecamatan yang diwarnai dengan 'fashion show' perangkat daerah dengan menampilkan beragam pakaian adat Nusantara maupun macanegara," kata Presiden Direktur Meikarta Indra Azwar di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan kegiatan ini sekaligus bertujuan mengokohkan kembali nilai persatuan dan kesatuan dengan mengenalkan keberagaman budaya Nusantara, dari Sabang sampai Merauke. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Safety Jacket dari Kota Bunga Laris di Negeri Singa

"Dan yang lebih istimewa, hadir di tengah-tengah kita juga saudara-saudara kita dari komunitas masyarakat Korea Selatan dan juga negara lain, dimana tentunya ini menandakan bahwa Kabupaten Bekasi semakin 'go international,'" katanya.

VIP Voucher Ramaikan Festival Bazar UMKM di Balai Budaya Pandeglang

Indra mengagumi keseruan acara terlebih saat melihat ekspatriat dari 'Negeri Gingseng' menampilkan seni tari kebudayaan mereka dengan sangat antusias di acara ini.

"Kami bangga karena mereka merasa nyaman di sini dan ternyata banyak juga warga negara Korea di sekitar sini. Bisa bikin 'Little Korea'. Hebatnya, semua komunitas ekspatriat tersebut tampil menawan dengan memeragakan busana khas dari negaranya," katanya.

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan ajang ini sekaligus upaya meningkatkan geliat ekonomi khususnya bagi seluruh pelaku UMKM yang membuka gerai di Distrik 1 Meikarta, terlebih lokasi penyelenggaraan tersebut selalu ramai dikunjungi masyarakat.

Penghuni apartemen pun antusias dengan suguhan hiburan dan pesta rakyat ini.

"Setiap event yang kami selenggarakan selalu disambut antusias warga sekitar. Dan kali ini diwarnai dengan peragaan batik khas Bekasi dengan berbagai keunikan corak. Juga terdapat 'ecoprint' dalam bentuk tas dan aksesoris yang sangat menarik," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna mengatakan event bertajuk "Gebrak 2024" kali ini menampilkan 160 gerai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di area panggung utama.

"Dan konsep event ini memang dikemas semenarik mungkin untuk menghibur masyarakat Kabupaten Bekasi dalam rangka memeriahkan Hari Jadi dan HUT RI," jelas Iyan Priyatna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya