Mengintip Pusat Riset Canggih Bisnis Danone
Jakarta, VIVA – Danone Indonesia meyakini bahwa kesehatan dan lingkungan hidup saling terkait erat. Karena itu, Danone Indonesia berkomitmen untuk mendukung sebanyak mungkin orang agar sehat dengan menyediakan produk-produk bernutrisi dan berkualitas, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung pemberdayaan masyarakat. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Danone Indonesia memanfaatkan jaringan serta ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir dari pusat-pusat penelitian internasional. Pusat-pusat tersebut berada di garda depan ilmu nutrisi dan keberlanjutan lingkungan hidup, memastikan bahwa produk-produk Danone memenuhi standar tertinggi dalam kesehatan dan keramahan lingkungan. Hal ini memperkuat Danone Indonesia untuk terus unggul dalam inovasi dan pengembangan bisnis.
Untuk menunjukkan kapabilitasnya dalam mengoptimalkan jaringan dan pusat penelitian internasional, beberapa hari lalu Danone Indonesia mengundang sejumlah mitranya untuk ke Kantor Pusat Danone di Perancis dan fasilitas produksi Evian di Perancis.
Laurent Boissier, CEO Danone Indonesia, mengatakan, "Kehadiran Danone di Indonesia dibangun melalui dua unit bisnisnya, yakni Waters dan Specialized Nutrition. Keduanya dikenal sebagai dua merek lokal yang telah hadir di Indonesia selama puluhan tahun. Danone Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia melalui produk-produk berkualitas, dan kami memanfaatkan keahlian dari dua fasilitas canggih berstandar internasional, yaitu Research & Innovation (R&I) Center Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia di Yogyakarta dan Tirta Lab Analysis Center and Lab di Jakarta. Kedua pusat riset ini merupakan cerminan komitmen dan dedikasi Danone terhadap kesehatan melalui makanan, dengan memastikan bahwa setiap produk memenuhi standar kualitas dan keamanan yang tinggi. Selain itu, Danone Indonesia mengoptimalkan jaringan dan keahlian internasional, dengan fokus khusus pada ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu meningkatkan kapabilitasnya dalam menciptakan produk-produk berkualitas tinggi.”
Selain memanfaatkan dua pusat canggih berstandar Internasional di dalam negeri, Danone Indonesia juga didukung oleh berbagai pusat riset Danone secara global. Pusat riset ini dilengkapi dengan laboratorium penelitian dan eksperimen, serta fasilitas percontohan untuk mengembangkan prototipe produk dan kemasan berkelanjutan. Dengan adanya akses langsung ke salah satu pusat penelitian terbaik di dunia membantu Danone Indonesia dalam melakukan upaya kolaboratif dengan para peneliti dan akademisi untuk memajukan penelitian di bidang nutrisi, hidrasi, imunitas, mikrobiota, fermentasi, serta protein hewani dan nabati.
Laurent menyampaikan bahwa akses langsung ke salah satu pusat penelitian terbaik di dunia membantu Danone Indonesia dalam melakukan upaya kolaboratif dengan para peneliti dan akademisi. "Dalam menjalankan misi utama dan tujuan bisnis Danone untuk selalu menyediakan produk makanan sehat bagi sebanyak mungkin masyarakat, Danone Indonesia mengutamakan riset untuk mengembangkan pengetahuan tentang nutrisi, menyediakan produk sehat dan bergizi, serta memahami lebih baik mengenai dampak nutrisi pada kesehatan. Hal ini memungkinkan Danone Indonesia berkontribusi dalam pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan guna mendorong pengembangan riset ilmiah dan sumber daya manusia. Akses terhadap jaringan global dan kapabilitas berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir juga mendukung Danone Indonesia dalam menghasilkan produk ramah lingkungan yang disukai konsumen. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan keberlanjutan lingkungan," imbuh Laurent.
Berpegang pada komitmen untuk memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang melalui produk-produk berkualitas serta memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat, Danone Indonesia berfokus pada upaya pelestarian lingkungan. Hal ini diwujudkan melalui pelestarian sumber daya air, pengurangan emisi karbon, inovasi kemasan yang ramah lingkungan, dan optimalisasi pengelolaan sampah pasca-konsumsi.
Komitmen Danone Indonesia dalam optimalisasi kemasan dan pengumpulan sampah kemasan diwujudkan melalui gerakan #BijakBerplastik yang berfokus pada tiga fokus utama yaitu pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah, edukasi kepada konsumen dan masyarakat, serta inovasi kemasan produk. Sebagai hasil dari upaya ini, Danone Indonesia bersama seluruh mitra berhasil mampu mengumpulkan hingga 22.000 ton sampah plastik setiap tahun. Berdasarkan kajian LPEM UI: Gerakan #BijakBerplastik membantu menurunkan jumlah sampah yang tetap berada di TPA sebesar 14% dan mengurangi volume sampah yang berakhir di ekosistem laut serta meningkatkan sampah daur ulang menjadi 17% lebih banyak.
Dalam upaya pelestarian sumber daya air, Danone Indonesia telah mengimplementasikan Kebijakan Air Danone yang berfokus pada tiga pilar utama yaitu melindungi sumber daya air dan lingkungan, mendorong sirkularitas air dalam sistem produksi, menyediakan akses air bersih dan sanitasi melalui program WASH (Akses Air, Sanitasi dan Hidrasi). Secara khusus, Danone Indonesia bersama mitra melibatkan komunitas lokal yang terdiri dari pemerintah daerah, masyarakat umum, lembaga swadaya masyarakat, akademisi serta sektor swasta membentuk sebuah forum Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk melakukan upaya tata kelola sumber daya air terpadu dari hulu hingga ke hilir. Hingga saat ini, Danone Indonesia telah berpartisipasi secara aktif dengan 7 (tujuh) forum Daerah Aliran Sungai di wilayah operasionalnya. Upaya ini merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan Danone Indonesia bersama para mitra untuk mencapai dampak positif terhadap air, dengan mengembalikan lebih banyak air daripada yang digunakan perusahaan untuk proses produksi.
"Tidak dapat dipungkiri bahwa memadukan kekuatan merek warisan nusantara dengan kekuatan pengetahuan, akses ke jaringan internasional, serta pusat-pusat penelitian memberikan nilai tambah bagi kami. Didukung oleh keistimewaan tersebut, Danone Indonesia akan terus berinovasi dan mengembangkan merek warisannya melalui formula produk terbaik dan secara berkelanjutan. Lebih lanjut, Danone Indonesia percaya bahwa pertumbuhan bisnis tanpa keberlanjutan lingkungan tidak memiliki masa depan, dan keberlanjutan lingkungan tanpa pertumbuhan bisnis tidak dapat memberikan kontribusi yang optimal. Oleh karena itu, perusahaan akan selalu berkomitmen pada praktik bisnis yang bertanggung jawab dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan," tutup Laurent.