Adhisty Zara Tanya Soal Cara Obati Luka Batin, Ustaz Hilman Sebut 3 Hal Harus Diperbaiki

Adhisty Zara
Sumber :
  • IG @zaraadhsty

Jakarta, VIVA – Adhisty Zara baru-baru ini datang ke acara kajian bersama Ustaz Hilman Fauzi. Ia hadir mengenakan busana muslim lengkap dengan hijabnya dan duduk di antara barisan para jamaah wanita lainnya. Zara mendapatkan kesempatan untuk bertanya langsung kepada Ustaz Hilman di tengah-tengah acara untuk menjawab keluh kesah dalam hatinya.

Adhisty Zara Datang ke Kajian, Ungkapkan Pertanyaan Dalam Tentang Disakiti

Zara membahas soal luka batin yang nampaknya tengah ia rasakan sehingga ketika bertanya, suara Zara terdengar bergetar menahan tangis. Zara ingin tahu ketika hatinya terasa terluka, maka ia harus memaafkan dirinya terlebih dulu atau memaafkan orang yang sudah menyakitinya. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya, yuk!

"Pada saat kita mengalami luka batin, tentunya ini adalah sebab dan akibat. Berserah diri dan memohon ampun sama Allah udah pasti jadi yang utama, lalu mana yang lebih utama yang harus kita lakukan untuk mencapai kata ikhlas? Memaafkan diri sendiri dulu atau memaafkan orang yang membuat lukanya?" tanya Zara, mengutip video Instagram @rumpi_gosip, Selasa 6 Agustus 2024.

Adhisty Zara Pernah Pekerjakan Eks Manajer Fuji: Sering Ngutang Pakai Nama Gue!

Mendengar pertanyaan dari eks anggota JKT48 itu, Ustaz Hilman juga ikut tersentuh dan terharu. Menurutnya, ini adalah pertanyaan yang sangat dalam maknanya.

Senasib dengan Fuji, Adhisty Zara Ungkap Kelakuan Buruk Batara Ageng Saat Jadi Asistennya

Untuk mengatasi luka batin, Ustaz Hilman menjelaskan ada tahap tertentu yang harus dilakukan. Semua ini berkaitan soal memperbaiki hubungan baik dengan Tuhan, orangtua, barulah diri sendiri.

"Satu, perbaiki hubunganmu sama Allah. Maka yang pertama, kalau kita disakiti, dilukai, pasti ada sesuatu yang kamu lakukan yang membuat Allah itu menghadirkan skenario hatimu patah dan sakit karena jarakmu yang sedang berjarak sama Allah. Boleh jadi, dosa dan maksiatmu. Poinnya Istighfar, minta ampun sama Allah," terang Ustaz Hilman.

Kemudian, setelah memperbaiki hubungan dengan Sang Pencipta maka perhatikan hubungan baik dengan kedua orangtua. Bagaimanapun, Allah tidak akan memberikan ridho kepada seseorang jika orangtuanya sendiri tidak merasa ikhlas.

Di sini, Ustaz Hilman menekankan pentingnya menjaga perasaan orangtua atau keharusan meminta maaf pada mereka jika sudah melakukan kesalahan.

"Kedua, lihat hubunganmu dengan orangtua. Mohon maaf kata Nabi, ada dua dosa yang balasannya langsung disegerakan di dunia. Satu, dosanya seorang anak yang pernah menyakiti hati orangtuanya, sampai membuat orangtua terluka, sakit. Maka dosamu pada orangtua itu langsung oleh Allah disegerakan balasannya di dunia. Kedua, dosanya seseorang karena menzolimi orang lain," tambahnya.

Selain dua hal itu, terakhir adalah memperbaiki hubungan dengan diri sendiri dengan cara lebih menyayangi dan mempedulikan diri sendiri dulu dibanding orang lain.

"Yang ketiga, perbaiki hubungannmu dengan dirimu sendiri. Mungkin, selama ini kamu nggak sayang sama tubuh dan hati kamu, sama diri kamu," ujar Ustaz Hilman.

"Jadi kalau ditanya harus memaafkan diri sendiri dulu atau orang lain? Kita dulu. Kita nggak mungkin bisa maafin orang yang menyakiti kita kalau kita belum ridho menerima," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya