7 Inspirasi Lomba 17 Agustusan yang Edukatif, Bisa untuk Anak dan Dewasa, Lho!

ilustrasi lomba mewarnai
Sumber :
  • dok.ist

Jakarta, VIVA – 17 Agustus menjadi momen perayaan kemerdekaan Indonesia yang sering diwarnai dengan berbagai lomba penuh semangat dan keseruan. Tidak hanya untuk bersenang-senang dan seru-seruan, lomba-lomba ini juga bisa menjadi ajang yang edukatif dan bermanfaat. 

Membangkitkan Semangat Kebersamaan, Lomba-Lomba Tradisional Meriahkan HUT RI ke-79

Nah, berikut ini ada beberapa inspirasi lomba 17 Agustusan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga mendidik. Selain itu, lomba ini juga cocok untuk peserta dari segala usia, baik anak-anak maupun dewasa. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Daftar Lomba 17 Agustusan.

Sambil Ajak Istri, 100 Veteran Meriahkan Perayaan HUT RI ke-79

Tumpeng berbentuk bunga

Photo :
  • Teh siju

Berikut ini inspirasi lomba 17 Agustusan yang seru dan edukatif:

Agak Laen! Pekerja Tambang Upacara Hormat Bendera Pakai Dump Truk

1. Lomba Mewarnai untuk Anak-anak

Di urutan pertama, adalah lomba mewarnai bagi anak-anak. Ini merupakan lomba umum di mana peserta lomba anak diberi gambar untuk diwarnai dengan kreativitas mereka. Selain seru, lomba ini mengasah kemampuan artistik dan keterampilan motorik halus anak-anak.

2. Lomba Menyusun Puzzle

Selanjutnya, ada lomba menyusun puzzle. Dalam lomba ini, peserta harus menyusun potongan puzzle menjadi gambar utuh dalam waktu tertentu. Ini menguji kemampuan pemecahan masalah dan konsentrasi.

3. Lomba Cerdas Cermat Sejarah Indonesia

Lomba cerdas cermat tentang sejarah Indonesia bisa menjadi ide unik dan edukatif. Dalam lomba ini, peserta diberikan pertanyaan seputar sejarah dan budaya Indonesia. Lomba ini cocok untuk segala usia dan bisa meningkatkan pengetahuan peserta tentang sejarah bangsa. 

4. Lomba Menari Jaipong

Sesuai namanya, dalam lomba ini, peserta berkompetisi menari Jaipong, tarian tradisional dari Jawa Barat. Tak hanya menilai keterampilan menari, lomba ini juga menambah pengetahuan tentang budaya lokal. 

5. Lomba Cerita atau Puisi Kemerdekaan

Menulis dan membacakan cerita atau puisi yang berkaitan dengan semangat kemerdekaan atau perjuangan bangsa juga bisa dijadikan ide lomba edukatif. Lomba satu ini merangsang kreativitas dan ekspresi diri.

6. Lomba Memasak Masakan Tradisional

Selain lomba masak tumpeng, lomba menyiapkan masakan tradisional Indonesia dan menjelaskan bahan serta proses pembuatannya juga bisa menjadi ide unik dan seru, lho! Lomba ini melatih keterampilan memasak dan pengetahuan tentang kuliner Indonesia. Misalnya, lomba memasak rendang, lomba memasak gudeg, hingga rawon.


7. Lomba Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Daur Ulang

Di urutan terakhir yaitu lomba kerajinan tangan menggunakan bahan-bahan daur ulang. Di lomba ini, peserta diajak membuat kerajinan tangan dari bahan daur ulang seperti botol plastik atau kertas koran. Selain berguna, lomba ini juga mengajarkan tentang pentingnya daur ulang dan kreativitas dalam memanfaatkan bahan bekas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya