10 Ide Kostum Unik Karnaval 17 Agustus dari Barang Bekas Daur Ulang

Kostum Gaun Karnaval dari Kertas
Sumber :
  • Youtube @fitrianiyusika

Jakarta, VIVA – Peringatan Hari Kemerdekaan memang menjadi momen spesial bagi seluruh rakyat Indonesia. Karnaval 17 Agustus menjadi salah satu daya tarik tersendiri, di mana kreativitas dan semangat kebangsaan bisa ditunjukkan bersama-sama, terutama dalam hal berbusana.

Membangkitkan Semangat Kebersamaan, Lomba-Lomba Tradisional Meriahkan HUT RI ke-79

Di setiap tahunnya, banyak sekali tema busana karnaval 17 Agustus yang bisa digunakan untuk menyemarakkan perayaan HUT RI.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semuanya tampak antusias menunjukkan kekreatifan dan kreasi terbaiknya di hari karnaval. Tema karnaval ini tentunya tidak jauh dari hal-hal yang menjadi identitas bangsa Indonesia.

Sambil Ajak Istri, 100 Veteran Meriahkan Perayaan HUT RI ke-79

Kamu juga tidak perlu merogoh kocek yang besar karena kamu bisa menggunakan barang-barang bekas seperti plastik kresek, koran, bahkan kardus untuk dijadikan bahan kekreatifanmu di hari kemerdekaan ini.

Berikut beberapa tema karnaval 17 Agustus yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan di sekolah atau di kantor:

Inspirasi Merayakan Hari Kemerdekaan, Memberi dan Berbagi

1. Baju Garuda dari Botol Plastik

Burung Garuda dari Botol Plastik

Photo :
  • YouTube/@amirahmi86

Baju Garuda yang terbuat dari botol plastik adalah sebuah karya seni yang unik dan inovatif, sekaligus menjadi bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Kostum ini biasanya dibuat dengan cara menyusun potongan-potongan botol plastik yang telah dibersihkan dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai sosok burung Garuda, lambang negara Indonesia.

2. Kostum Karnaval Bubble Wrap

Kostum Karnaval Menggunakan Bubble Wrap

Photo :
  • Youtube @handmadebyummi

Kostum karnaval bubble wrap adalah kostum yang seluruhnya atau sebagian besar bagiannya terbuat dari bahan bubble wrap. Bubble wrap sendiri adalah lembaran plastik bergelembung yang biasa digunakan untuk melindungi barang-barang pecah belah saat pengiriman. Dengan kreativitas, bahan ini bisa disulap menjadi kostum yang unik dan penuh warna.

3. Kostum Karnaval dari Gelas Plastik Bekas

Kostum Karnaval dari Gelas Plastik Bekas

Photo :
  • Youtube @onokarya

Kostum ini merupakan salah satu bentuk kreativitas dan kepedulian terhadap lingkungan. Dengan sedikit kreativitas, gelas plastik bekas yang biasanya dibuang dapat disulap menjadi kostum yang penuh warna dan unik untuk memeriahkan perayaan HUT RI.

4. Kostum Karnaval dari Plastik Kresek

Kostum Karnaval dari Plastik Kresek

Photo :
  • Youtube @onokarya

Kostum karnaval yang terbuat dari plastik kresek adalah sebuah karya seni yang unik dan menarik perhatian. Dengan sedikit kreativitas, plastik kresek yang biasanya dibuang dapat disulap menjadi kostum yang penuh warna dan unik untuk memeriahkan perayaan HUT RI.

5. Kostum Karnaval dari Koran Bekas

Kostum Karnaval dari Koran Bekas

Photo :
  • Youtube @onokarya

Kostum ini merupakan salah satu bentuk kreativitas dan daur ulang yang menarik, terutama untuk memeriahkan perayaan HUT RI.

Koran dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk sehingga cocok untuk membuat kostum dengan desain yang unik dan kreatif. Biaya pembuatan kostum dari koran bekas sangat murah karena bahan bakunya mudah didapatkan secara gratis.

6. Kostum Karnaval dari Karpet Tua

Kostum Karnaval dari Tikar Tua

Photo :
  • SMPN 1 Tutur

Penggunaan karpet tua merupakan bentuk daur ulang yang kreatif. Dengan cara ini, karpet bekas dapat dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang bagus.

Karpet biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar kostum. Tak hanya itu, karpet juga memiliki ukuran yang cukup luas sehingga dapat digunakan untuk membuat kostum dengan desain yang besar dan rumit.

7. Kostum Buket Karnaval

Kostum Buket Karnaval

Photo :
  • Youtube @ziesamarabilla

Kostum buket bunga adalah kostum yang terinspirasi dari keindahan bunga-bunga. Dengan desain yang kreatif, kostum ini dapat menjadi pusat perhatian saat karnaval HUT RI.

Kostum buket bunga sangat berbeda dari kostum lainnya dan pasti akan membuatmu menonjol. Dengan warna-warni bunga, kostum ini akan menambah semarak suasana karnaval.

8. Kostum Penyihir dari Plastik Kresek

Kostum Penyihir dari Plastik Kresek

Photo :
  • Youtube @fitrianiyusika

Kostum penyihir dari plastik kresek adalah perpaduan unik antara tema yang menyeramkan namun tetap menyenangkan dengan upaya daur ulang.

9. Kostum Gaun Karnaval dari Kertas

Kostum Gaun Karnaval dari Kertas

Photo :
  • Youtube @fitrianiyusika

Gaun karnaval berbahan kertas bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Penuh kreativitas dan ramah lingkungan, gaun kertas menawarkan berbagai kelebihan dibanding kostum biasa.

10. Kostum Gaun Bunga Matahari dari Koran

Kostum Gaun Bunga Matahari dari Koran

Photo :
  • Youtube @onokarya

Bunga matahari sering dikaitkan dengan keceriaan, semangat, dan kehangatan. Ini sejalan dengan semangat kemerdekaan yang penuh suka cita.Warna-warna cerah pada bunga matahari (kuning, oranye) bisa dipadukan dengan warna merah dan putih untuk menciptakan kesan nasionalis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya