Benarkan Warna Tutup Botol Air Minum Dalam Kemasan Punya Arti? Ini Penjelasan BPOM

Benarkan Warna Tutup Botol Air Minum Kemasan Punya Arti? Ini Penjelasan BPOM
Sumber :
  • Foto: TikTok @manjarazie.id

Jakarta, VIVA – Mungkin Anda pernah memperhatikan bahwa botol-botol pada air minum dalam kemasan (AMDK) memiliki tutup dengan berbagai warna, misal tutup berwarna biru, hijau, putih, merah dan sebagainya.

5 Tips Pilih Skincare yang Aman, Cek Kemasan Hingga Izin Edar BPOM

Terkait arti warna tutup botol air minum dalam kemasan ini sempat ramai diperbincangkan di media sosial, salah satunya akun TikTok @manjarazie.id yang menjelaskan arti warna tutup botol air mineral dalam kemasan.

Dalam unggahan video tersebut, dinarasikan jika tutup botol berwarna biru tua berarti air diambil dari bawah tanah yang dipompa lalu mengalami proses penyulingan dan dilabeli sebagai air mineral asli.

Produk Kecantikannya Dilaporkan BPI KPNPA Diduga Berbahaya, Richard Lee: Mana Bukti Disita BPOM?

Kemudian, jika tutup botol berwarna putih, berarti airnya berasal dari air pipa tanah yang diberi bahan kimia pada proses penyulingannya. Hal itu membuat keaslian air jadi menghilang, sehingga harganya cenderung lebih murah.

Richard Lee Bantah Produknya Disita BPOM

Sedangkan jika tutup botol berwarna hijau, air berasal dari sumber air dalam tanah di lokasi tertentu yang memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi.

Lantas apakah penjelasan dari media sosial terkait arti warna tutup botol air mineral kemasan itu benar?

Penjelasan BPOM terkait arti warna tutup botol di Air minum kemasan

Photo :
  • BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun menegaskan kalau informasi tersebut tidak benar alias hoax.

"Sahabat BPOM, pernah lihat video yang menginformasikan warna tutup botol air minum dalam kemasan itu membedakan jenis atau sumber airnya? Ternyata informasi itu tidak benar, loh," tulis keterangan dari akun media sosial resmi @bpom_ri.

BPOM menjelaskan tidak ada hubungan antara warna tutup botol dengan jenis atau sumber airnya, warna dan desain kemasan termasuk tutup botol merupakan desain dari produsen.

Warna pada tutup botol air minum dalam kemasan juga lebih banyak berhubungan dengan aspek pemasaran dan branding, bukan kualitas atau sumber airnya.

Produsen air mineral sering menggunakan warna tutup botol sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Warna yang berbeda dapat membantu membedakan produk mereka dari produk pesaing, atau memberikan kesan tertentu kepada konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya