Menantu Pilih Kabur dari Rumah Gak Mau Urus Mertua, Dosa Gak Ya? Begini Kata Mamah Dedeh

Mamah Dedeh
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Lifestyle – Sudah kewajiban seorang anak untuk menjaga dan mengurus orangtua yang sudah berusia lanjut. Namun apa jadinya jika seorang menantu lebih memilih kabur ke rumah orangtuanya karena tidak mau mengurus mertuanya yang sudah sepuh? Apakah tindakan tersebut termasuk durhaka? Bagaimana Islam memandang tindakan tersebut?

Al, El, Dul Bakal Nikah Tahun Depan, Ahmad Dhani Berencana Bagikan Asetnya

Pendakwah kenamaan Mamah Dedeh menjelaskan bahwa orangtua atau mertua wajib diurus oleh anak-anak mereka. Namun, penting diingat bahwa semua anak juga ikut terlibat untuk menjaga orangtua mereka. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Namanya mengurus orangtua, ngurus mertua itu kewajiban. Cuman mertua ini punya anak berapa orang, itu masalahnya. Kalau hanya cuman 1 mantu urus mertua apa anak yang lain enggak ngurusin? Apa mantu yang lain tidak mau ngurusin? Berapa anak yang dimiliki mertua yang tidak diurusin itu," kata Mamah Dedeh dalam program dakwah yang dipandunya dengan Irfan Hakim, dikutip Kamis 25 Juli 2024.

Kisah Anak Tio Pakusadewo Mencari Ayahnya Selama 18 Tahun

Ilustrasi ibu dan anak.

Photo :
  • Pixabay/sabinevanerp

Jika memang ternyata mertua Anda memiliki tiga orang anak, maka ketiga anak dan cucunya wajib untuk mengurus orangtuanya. Mamah Dedeh juga menyarankan untuk tetap menjaga mental dalam menjaga dan merawat orangtua yang sudah lanjut usia.

Penampakan Pria Ancam Sebar Video Syur Bareng Almarhum Ibu Kos

"Tiga-tiganya wajib ngurus, anaknya, mantunya, cucunya wajib ngurus. Jangan hanya satu orang doang yang ngurus. Suruh yang lain siap mental. Itu orangtua rame-rame, dirawat rame-rame. Misalnya di rumah anak yang ini seminggu, di rumah anak ini seminggu gitu," jelas Mamah Dedeh.

Di sisi lain, Mamah Dedeh juga tidak mau menyalahkan menantu tersebut yang pulang ke rumah orangtuanya dan meninggalkan suami. Dia menyebut bahwa bisa saja tindakan sang istri dilatarbelakangi oleh banyak faktor luka di masa lalu.

"Sebentar dulu, belum tentu, kamu tidak bisa menyalahkan begitu. Maaf boleh jadi mertuanya nyebelin sebelum dia sakit. Boleh jadi saudara-saudara lainnya nyebelin, selalu menyalahkan, dia dihina dan seterusnya. Ada faktor X di belakangnya, enggak mungkin ada asap kalau enggak ada api," bela Mamah Dedeh.

Mamah Dedeh menambahkan bisa jadi istri memilih keluar dari rumah dan tak mau mengurus mertuanya yang sudah sepuh lantaran saudaranya. Mamah Dedeh menyebut tidak mungkin seseorang bisa berbuat seperti itu jika tidak ada pemantik sebelumnya.

"Karena mungkin saudara lainnya nyebelin, buktinya dia sampai ninggalin. Tidak mungkin dia kabur kalau dia tidak ada masalah. Mamah yakin. Cuman Mamah melihat tidak ada manusia yang jelek, hanya pasti ada sisi baiknya dia," jelas Mamah Dedeh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya