Pentas Seni, Bazar Buku sampai Temu Penulis Siap Meriahkan Pesta Literasi Indonesia 2024

Pesta Literasi Indonesia 2024
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Dalam upaya menandai setengah abad perjalanannya di industri penerbitan, Penerbit Gramedia mempersembahkan Pesta Literasi Indonesia 2024. Acara ini akan berlangsung dari 26 Agustus hingga 1 September 2024 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, dengan tema yang memikat, "Samudra Imajinasi."

Menkominfo Ungkap Literasi Digital di Maluku Diatas Rata-Rata Nasional

Tema "Samudra Imajinasi" dipilih sebagai cerminan dari kebebasan tanpa batas dalam berekspresi dan berkreasi. Tema ini mengajak setiap pengunjung untuk menjelajahi batas-batas dunia nyata, berlayar melalui lautan kata, warna, dan suara menuju pulau-pulau kreativitas yang menakjubkan. Scroll lebih lanjut ya.

Dalam sambutannya, pihak Gramedia menekankan peran penting mereka sebagai wahana bagi para pemantik gagasan, pencipta imajinasi, reflektor sejarah, pencari kebenaran, dan pelopor masa depan. Melalui Pesta Literasi Indonesia 2024, Gramedia berkomitmen untuk terus mendorong kreativitas, inovasi literasi, serta mempersempit kesenjangan akses terhadap buku di masyarakat.

“Konsisten dan Berani Beda!” Modal Awal Berkarya di Ruang Digital

Beragam kegiatan seru akan meramaikan acara ini, mulai dari panel diskusi, kompetisi, bazar buku, kuliner, dan seni, hingga pentas teater dan temu penulis, pembaca, serta komunitas. Pesta Literasi Indonesia 2024 mengajak pengunjung untuk mengeksplorasi potensi tersembunyi, melampaui batas-batas budaya, dan merangkul keragaman melalui pertukaran ide dan pengalaman.

Sukses Genjot Literasi dan Inklusi Keuangan Nasional, PNM Diapresiasi OJK

Acara ini juga memiliki tujuan mulia untuk menjembatani kesenjangan literasi antara mereka yang memiliki akses terhadap buku dan mereka yang tidak. Gramedia berupaya membuka akses lebih luas terhadap literasi dan meningkatkan minat baca di semua lapisan masyarakat.

"Pesta ini berangkat dari kerinduan sederhana, agar semua berkumpul merayakan kecintaan mereka akan cerita. Sekarang pesta ini melibatkan lebih banyak lagi pihak, bukan hanya mereka yang berkelindan dalam dunia buku, tapi juga semua yang ingin merawat kekayaan ide, imajinasi, dan kreativitas. Pesta ini, adalah pesta kita," ungkap Ruth Priscilia Angelina, Ketua Pesta Literasi Indonesia 2024.

ilustrasi buku sebagai ornamen pendidikan

Photo :
  • vstory

Dalam konferensi pers yang diadakan pada 18 Juli 2024 di Taman Ismail Marzuki, berbagai perspektif mengenai Pesta Literasi Indonesia 2024 dibahas oleh pihak penerbit, penyelenggara, penulis, sutradara pertunjukan teater, serta komunitas. Hadir dalam acara ini, penulis terkenal Ratih Kumala dan Agus Noor.

Pesta Literasi Indonesia 2024 akan dibuka dengan kegiatan sosial sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-50 Penerbit Gramedia, yaitu donasi buku ke 100 komunitas taman baca di seluruh Indonesia. Buku-buku ini akan didistribusikan secara tepat guna ke 9 TBM di Sumatra, 64 TBM di Jawa, 6 TBM di Kalimantan, 6 TBM di Sulawesi, 3 TBM di Maluku, 3 TBM di Bali, 3 TBM di NTB, 3 TBM di NTT, dan 3 TBM di Papua. Untuk mendukung distribusi donasi ini, Gramedia bekerja sama dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) dan KGX. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya