10 Bahaya Konsumsi Kecubung bagi Kesehatan, Bisa Menyebabkan Kematian!

Kecubung
Sumber :
  • apotekhidup.net78.net

VIVA – Kecubung, tanaman berbunga indah dengan kelopak ungu atau putih ini, ternyata menyimpan bahaya tersembunyi.

Pesan Positif Astrellita Wijaya, Dari Influencer Gaya Hidup ke Ahli Kesehatan Mental

Di balik keindahannya, terdapat kandungan alkaloid tropana seperti skopolamin, atropin, dan hiosinamin yang beracun dan dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan.

Berikut 10 bahaya konsumsi kecubung yang perlu Anda waspadai:

Dampak Buruk Perubahan Iklim bagi Lingkungan dan Manusia Makin Meningkat, Menurut WMO

1. Halusinasi dan Gangguan Mental

Tanaman Kecubung

Photo :
  • netmeds.com
WMO Mengungkap Bahaya Polusi Udara dan Perubahan Iklim yang Saling Memperburuk

Efek paling terkenal dari kecubung adalah halusinasi dan delusi. Zat-zat dalam kecubung dapat mengganggu sistem saraf pusat, sehingga penggunanya mengalami realitas yang berbeda, melihat atau mendengar hal-hal yang tidak nyata, dan bahkan kehilangan kesadaran. Gangguan mental parah seperti skizofrenia dan paranoia juga dapat terjadi akibat konsumsi kecubung dalam jangka panjang.

2. Keracunan dan Kematian

Konsumsi berlebihan kecubung dapat menyebabkan keracunan parah, dengan gejala seperti mual, muntah, diare, kram perut, dehidrasi, dan peningkatan denyut jantung. Pada kasus parah, keracunan kecubung dapat menyebabkan kelumpuhan pernapasan, koma, dan bahkan kematian.

3. Gangguan Penglihatan

Kecubung dapat menyebabkan midriasis, yaitu pelebaran pupil mata yang tidak terkontrol. Hal ini dapat menyebabkan kepekaan terhadap cahaya, penglihatan kabur, dan bahkan kerusakan mata permanen.

4. Gangguan Pencernaan

Konsumsi kecubung dapat mengganggu sistem pencernaan, menyebabkan mual, muntah, diare, dan sembelit. Efek ini dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit, yang membahayakan kesehatan.

Kecubung

Photo :
  • apotekhidup.net78.net

5. Gangguan Jantung dan Tekanan Darah

Kecubung dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, yang membahayakan bagi penderita penyakit jantung atau hipertensi. Hal ini juga dapat memicu aritmia jantung dan stroke.

6. Gangguan Pernapasan

Kecubung dapat melumpuhkan otot-otot pernapasan, sehingga penderitanya mengalami kesulitan bernapas. Pada kasus parah, hal ini dapat menyebabkan gagal napas dan kematian.

7. Gangguan Ginjal dan Hati

Racun dalam kecubung dapat merusak ginjal dan hati, menyebabkan gagal organ dan kematian.

8. Ketergantungan dan Kecanduan

Penggunaan kecubung secara terus-menerus dapat menyebabkan ketergantungan dan kecanduan. Pengguna akan mengalami gejala putus obat yang parah jika berhenti mengonsumsinya, seperti depresi, kecemasan, dan insomnia.

9. Bahaya bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Kecubung dapat membahayakan janin dan bayi yang baru lahir. Konsumsinya oleh ibu hamil dan menyusui dapat menyebabkan cacat lahir, keguguran, dan gangguan perkembangan pada bayi.

10. Bahaya Bagi Anak-Anak

Efek racun kecubung pada anak-anak jauh lebih berbahaya dibandingkan orang dewasa. Konsumsi sedikit saja kecubung dapat menyebabkan keracunan parah dan bahkan kematian pada anak-anak.

Penting untuk diingat bahwa tidak ada dosis aman untuk konsumsi kecubung. Tanaman Kecubung tidak boleh digunakan sebagai obat, baik secara oral maupun topikal. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami keracunan kecubung, segera cari pertolongan medis darurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya