Banyak Perubahan Setelah Belajar Islam, Tapi dr Richard Lee Ditentang Keluarga untuk Jadi Mualaf

Richard Lee
Sumber :
  • IG @dr.richard_lee

JAKARTA  – Dokter yang juga aktif di media sosial, dr. Richard Lee sempat menghebohkan publik dengan pernyataannya ingin belajar tentang Islam. Diungkap pemilik klinik kecantikan kenamaan di Indonesia, sebenarnya keinginann tersebut sudah disampaikannya kepada istri sejak 2 tahun lalu. 

Satu Keluarga di Bekasi Kompak Jualan Narkoba, Akhirnya Ditangkap Polisi

"Sebenarnya dua tahun lalu aku pernah ngomong dengan istri. cuman enggak sengaja ngomong di podcastku sendiri bahwa seorang ustaz secara emosional aku ga sadar bilang aku lagi belajar. Sebenarnya ceritanya dua tahun lalu bilang ke istri, dan istri support sekali," kata dr. Richard Lee dalam podcast bersama Atta Halilintar yang dikutip dari tayangan YouTube Need A Talk.

Meski mendapat dukungan dari sang istri, namun perjalanan spiritual dr. Richard Lee sendiri tidak mudah. Diakui pria berkacamata itu, keluarga besarnya menentang keras keinginan dr. Richard Lee untuk belajar agama Islam. Bahkan keluarganya secara terang-terangan meminta dr. Richard Lee untuk tidak masuk Islam.

5 Pemain Timnas Indonesia yang Putuskan Mualaf Selain Ragnar Oratmangoen

"Tapi masalahnya di keluarga besarku itu tidak semudah itu, banyak tidak suka. Bahkan saat aku belajar dengan ustaz, hp-ku bunyi di grup 'jangan masuk Islam ya' dari keluarga besar," ujarnya.

Uighur di Bawah Bayang-Bayang Beijing, Identitas Islam Dihapus Paksa

Namun diakui dr. Richard Lee bahwa stigma negatif tentang Islam di keluarga besarnya juga sempat dirasakannya. Dia menyebut bahwa dia sempat menilai agama Islam kurang baik sebelum mempelajari Islam lebih dalam.

"Ya aku enggak bisa menyalahkan mereka. Dulu pun aku tidak suka dengan agama Islam karena stigma. Setelah belajar banyak ternyata bukan Islamnya yang bermasalah, Islamnya sangat indah, Islam justru membuat aturan yang bisa membuatku lebih baik. Tapi muslimnya yang membuat Islam jadi seolah-olah tidak baik," ungkapnya.

Di sisi lain, dr. Richard Lee mengungkap banyak perubahan besar dalam hidupnya setelah belajar tentang Islam. Dengan belajar Islam dirinya jauh menjadi lebih sabar, rendah hati dan yang terpenting setelah belajar Islam dirinya jauh lebih tenang.

"Aku kan orangnya meledak-ledak, di Islam kita belajar ada solat lima waktu yang itu bagus banget di mana dalam satu hari mengingat Tuhan minimal menurutku menjaga keimanan," ungkapnya.

dr. Richard Lee mengaku bahwa jika dia tidak belajar Islam sejak dua tahun lalu. Mungkin di tahun ini akan ada banyak masalah yang terjadi dengannya. 

"Ada banyak hal yang selama aku belajar sih banyak hal yang membuatku lebih baik bahkan jadi lebih bijaksana. Andaikata aku enggak belajar mungkin di tahun ini aku bisa menghadapi masalah kayak Athena Padang atau permasalahan lain tidak akan sewise atau sebijaksana ini," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya