Apa yang Dilakukan Istri Jika Punya Mertua dan Ipar yang Berbicara Selalu Menyakiti?

Ilustrasi ibu mertua, anak dan menantu perempuan
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle –Tidak bisa dipungkiri bahwa hubungan antara istri dengan ibu mertua dan ipar perempuan terkadang tidak berjalan dengan mulus. Syukur-syukur jika Anda memiliki mertua dan ipar perempuan yang baik dan menenangkan hati.

Penampakan Pria Ancam Sebar Video Syur Bareng Almarhum Ibu Kos

Tapi kalau Anda memiliki ibu mertua dan ipar yang lisannya selalu menyakiti Anda bagaimana? Apakah perlu Anda meminta untuk diceraikan suami jika dari awal pernikahan hingga Anda menikah selama belasan tahun ipar dan mertua Anda selalu berbicara menyakiti? Scroll lebih lanjut ya.

Terkait hal tersebut, ustaz Rifky Ja'far angkat bicara. Beliau menjelaskan bahwa ipar dan mertua adalah orang lain dalam rumah tangga Anda dan suami. Jangan sampai kata beliau rumah tangga Anda dan suami hancur lantaran ulah ipar dan mertua Anda sendiri.

Ustaz Ini Sebut Kedatangan Paus Fransiskus Bikin Resah, Netizen: Tak Mewakili Islam

"Anda perlu pahami, ipar dan mertua itu orang lain dalam rumah tangga. Sementara rumah tangga itu isinya adalah Anda bersama suami. Jangan sampai keharmonisan Anda itu rusak dikarenakan orang ketiga. Orang ketiga itu ya bisa dibilang meruta, bisa dibilang juga ipar. Jadi Anda sendiri yang rugi nanti," kata beliau dikutip dari potongan video yang diunggah di akun TikTok @dakwah pendek. 

Tragis! Istri di Kebagusan Jaksel Tewas Ditusuk Suami di Depan Anak Balitanya

Untuk menyelesaikan masalah antara Anda dengan ibu mertua dan adik ipar kata Ustaz Rifky adalah dengan berbicara kepada suami. Namun ketika berbicara dengan suami, harus tetap santun. 

"Terus bagaimana menyelesaikannya? Ngobrol dengan suami dengan baik, dengan sopan cari waktu dan timing yang pas agar suami tahu apa yang dilakukan oleh mertua dan ipar Anda. Supaya nanti yang mengingatkan bukan Anda, karena menantu itu akan susah berkomunikasi dengan mertua," katanya. 

Ilustrasi anak lambat bicara.

Photo :
  • Pixabay

Ustaz Rifky menambahkan,"Apalagi yang akan dikomunikasikan adalah sesuatu yang kurang baik. Nah maka ngobrol dengan suami, 'kok orang tua kamu seperti ini ya dengan saya' 'kok ipar saya atau kakak atau adik kamu dengan saya seperti ini ya'". 

Nanti kalaupun tidak bisa diselesaikan, menurutnya mungkin nanti ada solusi apakah pindah rumah, apakah nanti mungkin membatasi pergaulan dengan mertua dan ipar. 

"Mungkin ada solusi dengan cara mengurangi intensitas pertemuan dengan mereka. Itu semuanya solusi jangan sampai rumah tangga Anda rusak karena keburukan yang dimunculkan orang lain," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya