8 Negara Paling Bahagia di Dunia edisi 2024 versi World Happiness Report

Ilustrasi bahagia.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle  – Masyarakat bahagia jadi indikator keberhasilan sebuah negara. World Happiness Report merilis laporan tahunan  menunjukkan berbagai faktor yang dimiliki negara-negara unggul dalam meningkatkan kesejahteraan dan kepuasan di antara warganya.

ST Burhanudin Minta Anak Buah Waspada akan Pelemahan Terhadap Kejaksaan

Mengutip Vanguard, para peneliti mencermati data jajak pendapat komprehensif dari 146 negara selama empat tahun terakhir untuk menentukan negara-negara paling bahagia. Analisis mencakup beberapa kategori untuk mengurutkan dari posisi puncak sampai rangking buncit negara paling bahagia.

Indikator penilaian meliputi PDB per kapita, dukungan kesejahteraan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan untuk membuat pilihan hidup sendiri, kemurahan hati masyarakat umum, dan persepsi tingkat korupsi

Luhut Tegaskan OTT KPK Kampungan: Ada yang Marah!

Daftar Negara Paling Bahagia

Ilustrasi perempuan bahagia.

Photo :
  • Istimewa
Nikel-Timah Masuk Simbara, Luhut Sebut Bakal Ada Pemasukan hingga Rp 10 Triliun ke Negara

1. Finlandia

Finlandia menduduki peringkat sebagai negara paling bahagia di dunia pada World Happiness Report edisi 2024. Negara ini mendapat skor 95,67 dari 100. Prestasi Finlandia sebagai negara paling bahagia tak terlepas dari dukungan komunal yang kuat, rasa saling percaya antar warga, kebebasan berekspresi, hingga rendahnya tingkat korupsi. Faktor tersebut memberikan kontribusi terhadap tingkat kebahagiaan masyarakat secara keseluruhan.

2. Denmark

Posisi kedua adalah Denmark yang memperoleh skor 95,67 dari 100. Peneliti menilai Denmark memiliki faktor kebahagiaan yang serupa dengan Finlandia. Tak heran nilainya hanya terpaut tipis.

Tingkat keyakinan masyarakat terhadap pemerintah sangat tinggi. Lantaran Denmark memiliki pemerintahan bersih dari oknum korup. Hal itu juga mempengaruhi rasa saling percaya satu sama lain di kalangan masyarakat.  

Bendera resmi Islandia.

Photo :
  • icelandchronicles.com

3. Islandia

Islandia mendapat skor 95,29. Negara ini mempunyai dukungan sosial yang kuat, kepuasan hidup yang tinggi, dan keberadaan komunitas yang berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. 

Warga Islandia menikmati standar hidup di atas rata-rata serta layanan sosial yang mumpuni dari negara.  Tersedianya berbagai sarana penunjang kehidupan itulah yang  meningkatkan kebahagiaan warga secara keseluruhan.

4. Belanda

Negara kincir angin mendapat skor 95,07 dari skala 100. Tingkat kebahagiaan warga Belanda ditopang adanya dukungan sosial yang sangat baik, rasa kebersamaan yang kuat, dan kualitas hidup yang tinggi.

Masyarakat memiliki hak penuh atas kebebasan pribadi.  Sistem kesejahteraan sosial juga berkembang dengan baik yang berdampak pada rasa kepuasan masyarakat terhadap negara sehingga mereka hidup lebih bahagia.

Ilustrasi Negeri Belanda

Photo :
  • utepprintstore.com

5. Swedia

Negara yang merupakan pecahan Skandinavia mendapat nilai 94,65. Peringkat ini diraih berkat kepercayaan sosial yang tinggi, sistem kesejahteraan yang kuat, dan fokus pada keseimbangan kehidupan dan pekerjaan. 

Warga Swedia juga dapat menikmati standar dengan taraf hidup tinggi, pelayanan kesehatan berkualitas hingga sekolah gratis. Alhasil tekanan yang ditanggung masyarakat cenderung rendah sehingga mereka bisa hidup dengan gembira.

6. Norwegia

Negara di ujung benua Eropa mendapat skor 94,62. Nilai didapat karena kekuatan sosial, standar hidup yang tinggi, sistem perawatan kesehatan dan pendidikan yang sangat baik.  Warga Norwegia juga diuntungkan oleh rendahnya tingkat korupsi sehingga mendorong kemajuan kesejahteraan sosial yang kuat.

7. Swiss

Pada edisi 2024, negara dengan keindahan alam luar biasa mendapat skor 94,35. Peringkat kebahagiaan di Swiss karena stabilitas ekonomi yang kuat, kualitas layanan kesehatan, dan standar hidup yang tinggi. Alhasil, warganya bisa menikmati hidup lebih ceria karena minim mengalami stres. 

Tak hanya itu, pemerintahan juga berjalan baik tanpa adanya aparat korup sehingga tidak membebani perekonomian negara. Praktis layanan publik memiliki kualitas juara karena mendapat suntikan alokasi dana dengan lancar.

8. Selandia Baru

Selandia Baru masuk jajaran negara paling bahagia di dunia dengan skor 94,14. Sama seperti Swiss, nagara ini tersohor karena pemandangan alamnya yang menakjubkan. Masyarakat Selandia Baru bisa bahagia karena kualitas hidupnya sangat baik. Pemerintah memberikan bantuan sosial, nilai-nilai kesatuan dan kebersamaan, serta tata kelola pemerintahan yang efektif. 

Negara juga menekan nilai keseimbangan kehidupan dan pekerjaan (work life balance). Di samping itu, Selandia Baru berkomitmen melakukan berbagai program keberlanjutan lingkungan sehingga alam mereka tetap terjaga yang mendukung kesehatan warga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya