Thariq Halilintar Haji Umur 2 Bulan, Habib Jafar: Sah, Tapi...

Habib Jafar
Sumber :
  • IG @husein_hadar

VIVA Lifestyle – Ramai perbincangan di media sosial tentang status Thariq Halilintar yang sudah diajak orangtuanya menunaikan ibadah haji ketika usia 2 bulan. Hal ini pun disorot oleh Habib Jafar yang membuat unggahan di Instagram tentang penjelasan hukum haji bagi anak-anak.

Amel Carla Dipilih Aaliyah Massaid Jadi Bridesmaid, Ternyata Ini Alasannya

Habib Jafar tidak menyebutkan nama Thariq Halilintar secara langsung, namun konten yang ia bagikan itu jelas mengarah pada pernyataan dari Geni Faruk yang viral belakangan ini. Scroll untuk tahu lebih lanjut, yuk!

"Kamu haji umur berapa?" bunyi unggahan itu, dikutip Jumat 5 Juli 2024.

Dipanggil Enzy Storia Pakai Sebutan Haji, Raffi Ahmad Protes

Pembicaraan tentang Thariq Halilintar yang sudah diajak beribadah haji saat usia 2 bulan ini memang sampai disinggung oleh sejumlah selebriti. Bagaimana tidak, netizen Indonesia tak henti-hentinya menjadikan topik tersebut sebagai bahan guyonan di media sosial.

Thariq Halilintar dan Geni Faruk.

Photo :
  • Instagram @thariqhalilintar
Jemaah Haji Gelombang II Mulai Dipulangkan dari Madinah, 93.614 Orang Telah Tiba di Tanah Air

Oleh sebab itu, Habib Jafar menjelaskan bagaimana hadis dalam agama Islam hukum seorang anak kecil yang sudah ikut beribadah haji, padahal belum baligh dan tidak memenuhi syarat sahnya.

"Ibnu Abbas meriwayatkan, Nabi SAW pernah bertemu dgn rombongan dari Rauha’, lalu seorang perempuan dari mereka mengangkat bayinya kepada Nabi Saw dan bertanya: “Apakah (bayi ini) juga melaksanakan haji?” Nabi Saw menjawab: “Ya, dan kamu ‘pun mendapatkan pahala.” (HR. Muslim)," tulis Habib Jafar.

Berdasarkan hadis yang dibagikan oleh Habib Jafar tersebut, dapat disimpulkan bahwa anak bayi, termasuk Thariq Halilintar yang saat itu masih berusia 2 bulan, bisa jadi sah ibadah hajinya dan mendapatkan pahala. Tetapi karena ia tidak memenuhi rukun haji, maka ibadah tersebut hanya terhitung sunnah dan ia belum menghilangkan kewajiban untuk melaksanakan ibadah haji ketika dewasa.

"Maka, menurut Imam Nawawi, haji anak kecil sah dan mendapat pahala, tapi tak memenuhi rukun haji (karena belum baligh) sehingga dihitungnya sunnah dan belum menggugurkan kewajiban hajinya," papar Habib Jafar.

Sebelumnya, Geni Faruk menceritakan bahwa dulu ketika ia baru saja selesai nifas pasca melahirkan anak keempatnya itu, ia langsung beribadah haji bersama sang suami sambil membawa Thariq Halilintar.

"Tadi sebut-sebut haji jadi ingat, Thariq ini juga sudah haji. Waktu umur 2 bulan sudah naik haji sama kita. Jadi baru selesai nifas, terus pergi haji," kata Geni Faruk.

Berangkat dari pengalaman itu, Geni Faruk ngotot bahwa Thariq Halilintar juga bisa dipanggil dengan julukan 'Haji Thariq' lantaran sudah pernah ikut beribadah haji.

"Tapi udah haji Thariq. Terus waktu thawaf semua orang di sana panggil nama dia. Thariq, Thariq (artinya jalan)," kata Geni Faruk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya