Dampak Tokopedia Coffee Fest dan Shop Tokopedia terhadap Tren Belanja Online Kopi Lokal di Indonesia

Tokopedia Coffee Fest dan Shop Tokopedia terhadap Tren Belanja Online Kopi
Sumber :
  • Viva/Siti Adisya Kirana

VIVA – Tokopedia dan Shop Tokopedia telah menjadi rumah bagi 21 juta UMKM di Indonesia, dan mereka terus berkomitmen untuk memberdayakan para pelaku usaha kecil ini termasuk para pengusaha kopi lokal.

Simak Ciri-Ciri Penipuan Mengatasnamakan Bea Cukai

Melalui berbagai inisiatif seperti Tokopedia Coffee Fest, Tokopedia dan Shop Tokopedia memberikan wadah bagi para UMKM kopi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia. 

Tokopedia Coffee Fest dan Shop Tokopedia terhadap Tren Belanja Online Kopi Lokal

Photo :
  • Viva/Siti Adisya Kirana
Terpopuler: Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersama Kopi, Dampak Polusi Udara pada Pria

“Tokopedia bersama para mitra strategis, termasuk penjual kopi gencar memacu industri pengolahan kopi agar bisa lebih berdaya saing lewat Tokopedia Coffe Fest,” ungkap Head of Communications Tokopedia dan ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan dalam Media Briefing Tokopedia Coffee Fest pada Jumat, 5 Juli 2024 di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Kampanye-kampanye ini terbukti sukses dalam meningkatkan penjualan para UMKM kopi hingga 50%.

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan dengan Kopi, Berisiko Untuk Kesehatan!

Kampanye Tokopedia Coffee Fest tidak hanya sekedar menyediakan platform bagi pelaku usaha kopi lokal untuk berjualan, tetapi juga menghadirkan pengalaman yang lebih menarik melalui kegiatan online dan offline.

Inisiatif "Tokopedia Coffee Blend" yang menghadirkan kopi racikan khusus memang sangat menarik. Bekerjasama dengan peracik kopi ternama untuk menciptakan campuran kopi spesial adalah cara yang bagus untuk menunjukkan keberagaman dan kualitas kopi Indonesia.

Selain Tokopedia Coffee Blend, ada pula beragam kegiatan offline lainnya, seperti cupping session, cafe hopping hingga kompetisi latte art yang diadakan bersama Dua Coffee.

“Tokopedia berharap bisa mendorong potensi talenta dalam menunjukkan kemampuan mereka sebagai barista sekaligus mendukung geliat industri kopi lokal,” ungkapnya.

Tokopedia dan Shop Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Beli Lokal yang mempermudah masyarakat untuk belanja online berbagai produk brand lokal, termasuk kopi buatan UMKM lokal.

Tokopedia Coffee Fest dan Shop Tokopedia terhadap Tren Belanja Online Kopi Lokal

Photo :
  • Viva/Siti Adisya Kirana

“Halaman Beli Lokal dapat ditemukan baik di aplikasi Tokopedia maupun ShopTokopedia pada aplikasi TikTok sehingga penjual bisa mendapatkan jangkauan ke lebih banyak masyarakat di Indonesia,” jelas Adit.

Secara keseluruhan, Tokopedia Coffee Fest dan Beli Lokal telah memberikan dampak positif terhadap tren belanja online masyarakat dan industri lokal kopi di Indonesia. 

“Kampanye Tokopedia Coffee Fest bisa mendongkrak penjualan para pelaku UMKM kopi hingga 50%, dibandingkan dengan periode sebelum para penjual mengikuti kampanye tersebut,” ujar Aditia.*

Sebagai informasi, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Pada tahun 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produksi kopi di Indonesia mencapai lebih dari 760.000 ton. 

Sumatra Selatan, Lampung, Aceh, Sumatra Utara hingga Jawa Timur menjadi beberapa provinsi dengan perkebunan kopi terluas di Indonesia pada 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya