Soal Kesetaraan Gender di Tempat Kerja, Upaya Ini Dilakukan Buat Dukung Perempuan

Ilustrasi: orang bekerja di kantor
Sumber :
  • www.pexels.com

VIVA Lifestyle – Kesetaraan gender di tempat kerja adalah kondisi di mana perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan, pengembangan karier, gaji, dan benefit. Artinya, tidak ada diskriminasi berdasarkan gender dalam hal apapun di dunia kerja.

Liga Arab Konfirmasi Bakal Boikot Perusahaan yang Terafiliasi Dengan Israel

Namun, faktanya masih banyak isu kesetaraan gender yang terjadi di tempat kerja, khususnya dialami oleh perempuan. Mulai dari kesenjangan gaji, kurangnya representasi perempuan di posisi kepemimpinan, kurangnya dukungan untuk pekerja perempuan dengan anak hingga pelecehan seksual. Lalu, upaya apa yang harus ditempuh? Scroll untuk tahu lebih lanjut, yuk!

Women in Sales merupakan program yang telah berjalan sejak 2021 dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan mengembangkan talenta-talenta perempuan di Divisi Sales perusahaan.

BNPT: Radikalisme Mengarah ke Anak-anak, Remaja hingga Perempuan

Program Women in Sales sendiri telah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu praktik terbaik dalam inisiatif DEI (Diversity, Equity, and Inclusion) oleh World Economic Forum pada tahun 2023. 

ASN Cantik Diduga Pemeran Video Mesum Dengan Pria Mirip Sekda Taput Mangkir Panggilan Polisi

Program ini mendukung ambisi Brew a Better World (BaBW) perusahaan untuk mencapai keseimbangan gender sebesar 25 persen di seluruh Heineken pada tahun 2025.

Head of People Operations, Multi Bintang Indonesia, Melia Halik, menjelaskan, Women in Sales adalah program yang dirancang untuk membantu para talenta perempuan agar dapat unggul di industri yang secara tradisional didominasi oleh laki-laki. 

“Hal ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam menerapkan standar yang tinggi dalam menjaga keselamatan dan keadilan. Melalui inisiatif ini, kami memberikan berbagai platform dan aktivitas untuk membantu para talenta perempuan untuk terus tumbuh dan mengembangkan kemampuan mereka,” ujar Melia dalam keterangannya, dikutip Rabu 3 Juli 2024.

Pada tahun 2020, terdapat 15,5 persen perwakilan perempuan di Divisi Sales perusahaan. Inisiatif ini telah membuahkan hasil positif yang signifikan dengan meningkatnya jumlah perempuan pada tim sales perusahaan. Pada 2023, perwakilan perempuan di tim sales telah berhasil meningkat hingga 24 persen.

“Program seperti Women in Sales sangat penting dalam memberdayakan tenaga kerja untuk dapat do something that matters bagi diri mereka sendiri, lingkungan, dan perusahaan. Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan berbagai peluang bagi karyawan dalam menciptakan dampak positif terhadap lingkungan sekitar mereka,” terangnya.

Program ini mencakup berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan memberdayakan para talenta perempuan. Salah satunya, Women in Sales Inclusion Program yang merupakan serangkaian sesi berbagi mengenai topik-topik seperti kepemimpinan, menciptakan tempat kerja yang aman dan saling menghormati, dan meningkatkan kemampuan penjualan mereka. Program ini juga memberikan pengaturan kerja yang fleksibel untuk mendukung karyawan yang telah berkeluarga.

“Selain itu, perusahaan juga memperkenalkan Buddy Program, sebagai program untuk lebih meningkatkan kemampuan tenaga kerja. Inisiatif ini bertujuan untuk menjamin keselamatan para sales perempuan selama bekerja dan ketika berkunjung ke outlet,” ungkapnya.

Melia menjelaskan, program ini memasangkan setiap karyawan perempuan dengan seorang “buddy” yang ditunjuk untuk mendampingi mereka selama melakukan kunjungan. Dengan menyediakan pendamping, program ini memastikan keselamatan di area-area berisiko tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko insiden yang tidak diinginkan secara signifikan. 

“Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri dan produktivitas para karyawan perempuan dengan mengatasi masalah keselamatan, namun juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang suportif dan aman,” paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya