Mengubah Tantangan Menjadi Peluang, Kisah Inspiratif Muhammad Qolbu Almarifah

Muhammad Qolbu Almarifah
Sumber :
  • IG @mbimarifah

VIVA Lifestyle – Di Indonesia, banyak pengusaha muda yang berhasil menjalankan bisnisnya dengan sukses. Mereka mencapai prestasi ini berkat usaha, kerja keras, pantang menyerah, keuletan, dan tekad yang kuat. Muhammad Qolbu Almarifah adalah salah satu contoh pengusaha muda sukses yang telah mencapai banyak hal di usia yang masih sangat muda.

Titik Balik Nita: Single Parent yang Sukses Mendirikan Dua Salon Lewat Kursus Kecantikan

Lahir pada 14 Januari 2003, Muhammad Qolbu Almarifah telah melalui berbagai proses hingga menjadi pribadi yang inspiratif. Saat ini, bisnisnya di bidang usaha sewa atau rental mobil dan motor terus berkembang pesat. Scroll lebih lanjut ya.

“Pada tahun 2021, saat berusia 18 tahun, saya memulai usaha di bidang fashion. Dengan omzet kotor yang mencapai 150 juta rupiah per bulan, saya berhasil menabung selama beberapa bulan dari usaha tersebut untuk membeli satu unit mobil Calya tahun 2019 berwarna hitam. Motivasi utama saya membeli mobil saat itu adalah untuk kepentingan keluarga agar bisa pulang ke kampung halaman,” katanya.

Kisah Inspiratif Musirah: Semangat Tanpa Batas di Tengah Keterbatasan

“Keluarga besar saya tidak memiliki mobil sama sekali. Jadi, selain untuk keperluan keluarga, saya juga menitipkan mobil tersebut kepada seorang driver online dengan harapan setiap bulan mobil ini bisa menghasilkan tambahan penghasilan. Setelah berjalan selama satu tahun, saya mulai merasakan masalah dari keterlambatan pembayaran dan mobilitas unit yang sangat tinggi, sehingga kilometernya meningkat secara signifikan,” sambung Qolbu.

Mahendra Siregar Buka-bukaan Sederet Tantangan OJK, Judi Online hingga Pengawasan Kripto

Menghadapi masalah tersebut, Qolbu memutuskan untuk mengarahkan staf pribadinya agar membuat sebuah akun Instagram untuk bisnis rental mobil. Dengan nama, logo, dan konten yang dipercayakan kepada stafnya, lahirlah brand transgo.id.

"Ide ini sebenarnya bukan berasal dari saya, melainkan dari staf pribadi saya," jelas Qolbu lebih lanjut.

Muhammad Qolbu Almarifah

Photo :
  • IG @mbimarifah

Setelah berjalan sekitar empat bulan, permintaan pasar untuk rental mobil di Jakarta sangat tinggi. Hal ini memungkinkan usahanya berkembang dari satu unit menjadi sepuluh unit dalam empat bulan pertama. Selain itu, Qolbu juga melakukan ekspansi ke bisnis sewa motor di Jakarta, dimulai dengan satu unit Yamaha R15 yang dalam satu bulan pertama bertambah menjadi tujuh unit. Ia juga mengembangkan sistem reseller dengan mengajak teman-teman terdekat untuk membuka akun Instagram rental, dengan tujuan meningkatkan minat pasar terhadap transgo.id.

Bisnis sewa atau rental mobil menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Pada tanggal 28 Juni 2024, TransGo telah beroperasi selama kurang lebih 18 bulan dan memiliki 150 unit kendaraan yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan akan memperluas layanannya ke Bali pada tahun 2024. Ekspansi menarik lainnya adalah penyediaan Sewa Mobil & Motor Listrik mulai dari Rp40 ribu per 24 jam dengan unit usaha Rental Transgo.ev, serta menyediakan Jasa Driver untuk menemani pelanggan kemanapun, dan TransGo.course untuk Layanan Kursus Mobil di Jakarta.

Pemilik akun Instagram @mbimarifah menjelaskan, "Saat ini, TransGo telah berkembang pesat dengan memiliki 25 karyawan di bawah naungan PT Marifah Cipta Bangsa. Selain itu, kami juga memiliki garasi dan bengkel sendiri di bawah unit usaha Transgo.Garage. Program amal kami, Transgo.Peduli, terus berjalan dengan baik, serta kami memiliki lebih dari 20 akun reseller yang aktif. Kami juga memberikan kesempatan kepada lulusan dan siswa SMK untuk mengembangkan keterampilan mereka di bidang Digital Marketing." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya