Ada Chef Laode Hingga Ghea Indrawari, Pameran AKI Tahap 1 Sukses Digelar 4 Kota

Ghea Indrawari
Sumber :
  • IG @gheaindrawari

BEKASI – Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 Tahap 1 telah berlangsung di 4 kota (Bekasi, Singkawang, Ternate dan Banten) dari 31 Mei hingga 9 Juni 2024. 

Sandiaga Uno Ajak Dubes Eropa dan Amerika di Pameran AKI Denpasar, Buat Apa?

Di Tahap 1 ini, total terdapat 134 jenama (Bekasi 37, Singkawang 33, Banten 38, Ternate 26) yang menjadi peserta Pameran AKI. Tema pameran tahun ini adalah "Apresiasi Kreasi Indonesia 2024, Bukan Cuma Lokal tapi Mendunia". Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Melalui pameran ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya meningkatkan jejaring dan kolaborasi antar pelaku industri kreatif, menginspirasi generasi muda, dan mempromosikan produk kreatif lokal agar dapat bersaing di pasar global. 

Herb Euphoria Fest 2024: Dukungan untuk UMKM Jamu

Untuk bisa bersaing di pasar global, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, meyakini penguasaan media digital akan memberikan daya saing serta akses pasar bagi produk lokal. 

Pertunjukan Budaya Guangdong, dari Wing Chun hingga Tarian Naga di Jakarta

“Pengguna media digital (di Indonesia) telah mencapai 221 juta orang. Digitalisasi akan membawa kita semakin dikenal dan mendunia sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya," kata Menparekraf Sandiaga dalam kunjungannya di Pameran AKI Bekasi. 

Lebih lanjut Sandiaga menegaskan jika prertumbuhan pesat teknologi digital adalah peluang unik bagi pelaku ekonomi kreatif. Karena dengan memanfaatkan alat digital, bisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas, mengoptimalkan operasional, dan mendorong inovasi.

Pameran AKI di tiap kota diisi oleh kegiatan yang menggabungkan aspek edukasi, pameran dan hiburan. Pameran AKI 2024 tahap 1 di 4 kota pertama, dibuka dan dihadiri Sandiaga Uno baik melalui kehadiran fisik maupun virtual. Sandiaga juga berkesempatan mengisi sesi Pentahelix Talkshow, bersama Yuke Sri Rahayu, Direktur Kuliner Kriya Desain Fesyen Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf

Tidak hanya dari jajaran Kemenparekraf, narasumber yang dihadirkan di setiap sesi diskusi juga kompeten di bidangnya. Seperti Edho Zell (CEO Social Bread), Gandhi Fernando (Content Creator), Rakhman Azhari (Co-founder Mindblown Studio), Joviana Henza (Fashion Stylist), Ghea Indrawari (Penyanyi), Chef Laode (Master Chef Indonesia season 8), dan Hamdan Yusuf (Videographer of Dodoku Photo).

Dengan semua rangkaian dan tahapan Pameran AKI 2024, para peserta mengaku mendapat banyak manfaat. Dalam setiap hari akhir Pameran AKI 2024, akan diumumkan 3 finalis di tiap kota yang akan mewakili untuk disertakan dalam Malam Puncak AKI 2024 di Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya