Sandiaga Uno Ajak Dubes Eropa dan Amerika di Pameran AKI Denpasar, Buat Apa?

Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Kemenparekraf.

BALI – Pameran Apresiasi Karya Indonesia (AKI) persembahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah sampai di Kota Denpasar. Acara ini berlangsung di Mall Level 21 Denpasar, Bali, pada15-17 Juni 2024. Total terdapat 39 jenama peserta Pameran AKI Denpasar, yang terdiri dari bidang Kriya, Fesyen, Kuliner, Games, Musik dan Film.

Smelter Freeport Gresik Beroperasi, Airlangga Pede Tambah Penerimaan Negara

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, hadir langsung mengunjungi Pameran AKI Denpasar, dengan mengajak dua Duta Besar RI, yakni Sukmo Harsono (Dubes RI untuk Panama, Republik Honduras, Republik Kosta Rika, dan Republik Nikaragua) dan Iwan Bogananta (Dubes RI untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara). Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

Sandiaga mengajak dua Dubes untuk memberikan masukan kepada pelaku UMKM mengenai produk-produk yang dapat dipasarkan di Eropa dan Amerika. Menurut Sandiaga, terdapat tiga hal utama yang dapat diambil dari produk-produk UMKM di AKI, yaitu inovasi produk UMKM yang tidak kalah dengan produk luar negeri, adaptasi pelaku UMKM terhadap produk ramah lingkungan dan kolaborasi yang meningkatkan kualitas dan daya saing produk.

Ada Chef Laode Hingga Ghea Indrawari, Pameran AKI Tahap 1 Sukses Digelar 4 Kota

"Saya ingin memastikan bahwa AKI 2024 akan menghasilkan UMKM yang siap untuk global. Dan semoga modal untuk UMKM bisa difasilitasi," ujar Sandiaga Uno dalam keterangannya, dikutip Kamis 27 Juni 2024. 

Herb Euphoria Fest 2024: Dukungan untuk UMKM Jamu

Ia menjelaskan bahwa target utama AKI adalah menaikkan kelas produk UMKM ke tingkat global, terlebih dengan banyaknya wisatawan asing yang datang. Sandiaga optimis dengan target belanja Rp1 juta per pengunjung, total transaksi bisa mencapai Rp5-10 miliar. 

"Semua produk berkualitas dan siap untuk pasar global, semoga bisa mengangkat usaha dan membuka peluang kerja," tambahnya.  

Sandiaga berkomitmen untuk terus bergerak agar semua UMKM tidak tertinggal. Pada tahun 2024, sekitar 7000 UMKM mendaftar di AKI dan 400 UMKM terpilih untuk berpartisipasi, menjadikan total peserta selama empat tahun sebanyak 1.600 UMKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya