Cerita Hijrah Salma Salsabil, Putuskan Berhijab Karena Takut Ayahnya Masuk Neraka

Salma Salsabil
Sumber :
  • Tangkapan Layar Instagram

JAKARTA Salma Salsabil penyanyi wanita jebolan ajang pencarian bakat di tahun 2023 yang cukup menyita perhatian publik. Memiliki suara yang berkarakter dalam membawakan lagu-lagu membuatnya begitu digilai banyak penggemar musik tanah air. 

Tajikistan Negara Mayoritas Muslim Larang Penggunaan Hijab, Melanggar Didenda Rp99 Juta

Tak hanya punya suara yang khas, Salma Salsabil juga cukup menarik perhatian publik. Sebab dirinya menjadi wanita berhijab pertama yang berhasil menjuarai ajang pencarian bakat tersebut.

Saat diundang di podcast milik Daniel Mananta, Salma Salsabil mengungkap awal mula dirinya bisa memutuskan untuk berhijab. Diungkap wanita berusia 22 tahun ini mengaku dirinya pertama kali berhijab saat masuk di bangku SMP. 

Nagita Slavina Tampil Menawan Berhijab di Media Sosial, Netizen: "Jangan Dilepas!"

"Aku berhijab mulai SMP, waktu masih di Probolinggo," kata dia dikutip dari tayangan YouTube Daniel Mananta Networks.

Salma Salsabil

Photo :
  • Tangkapan Layar Instagram
Komitmen Jalani Halal Lifestyle, Begini Cara Atta Halilintar Ajarkan Aurel Hermansyah Berhijab

Diungkap pelantun lagu Boleh Juga ini alasannya berhijab itu lantaran sang ibu. Dijelaskan Salma, saat itu ibunya mengajaknya untuk menggunakan hijab. Namun saat itu dia masih enggan menggunakan hijab.

"Alasannya, awalnya mama yang mengajak, karena mama yang duluan berhijab, tapi aku yang masih 'enggak mau, entar aja lah' gitu," ujarnya.

Dijelaskannya suatu hari dia sempat mendengar kajian terkait dengan anak perempuan yang bisa menyebabkan ayahnya masuk neraka. Ayah bisa masuk neraka tatkala putrinya tidak menutup auratnya.

"Sampai akhirnya aku nemu ada satu kajian di instagram dibilang 'Anak itu salah satu penentu ketika Ayahnya mungkin tidak ada, karena satu helai rambut saja (yang terlihat) itu bisa mengantarkan satu langkah Ayah kamu untuk masuk ke dalam neraka'," kata dia.

Mendengar kajian tersebut, sempat membuat hatinya bergejolak. Dia sempat ragu apa benar ceramah tersebut, hingga akhirnya dia tergerak hatinya untuk menggunakan hijab.

"Nah, video itulah yang mungkin buat aku berfikir 'Hah apa iya?, apa benar?'. Akhirnya dari situlah aku mau pakai hijab," ujarnya.

Meski demikian, diakui Salma bahwa ada beberapa tantangan yang harus dilewatinya setelah memutuskan berhijab. Setelah beberapa tahun menggunakan hijab dia sempat memiliki pemikiran untuk menanggalkan hijabnya lantaran dianggap membatasi ruang geraknya.

"Pada awal-awal aku merasa gampang pakai hijab, ternyata mulai beberapa tahun setelahnya sempat muncul kayak godaan dan berfikir 'apa sih yang salah sama hijab gue, apa gue lepas ya karena membatasi?', sampai segitunya," kata Salma.

Namun dia tersadar bahwa memang sudah sebuah kewajiban bagi setiap muslimah untuk menutup auratnya. 

"Satu hal yang jadi prinsip gue, gue enggak akan melepas hijab dalam keadaan gua baik atau pun buruk, karena menurut gue berhijab merupakan salah satu kewajiban umat Muslim," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya