Herb Euphoria Fest 2024: Dukungan untuk UMKM Jamu

Ilustrasi jamu tradisional yang ampuh melancarkan siklus menstruasi.
Sumber :
  • pixabay/Ajale

VIVA Lifestyle – Jamu merupakan warisan budaya Indonesia yang kaya akan nilai tradisional dan khasiat kesehatan. Minuman herbal ini telah dikenal sejak berabad-abad lalu dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Dikenal sebagai ramuan alami yang berasal dari bahan-bahan herbal, jamu memiliki berbagai manfaat kesehatan dan berperan penting dalam budaya Indonesia.

Bangkitkan Semangat Keberlanjutan dan Ekowisata, Mandiri Jogja Marathon 2024 Resmi Digelar

Jamu tidak hanya sekadar minuman herbal, tetapi juga memiliki peran penting dalam budaya Indonesia. Sejak zaman dahulu, jamu telah digunakan sebagai bagian dari tradisi keluarga, di mana resep-resep jamu diwariskan dari generasi ke generasi. Scroll lebih lanjut ya.

Untuk mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya dalam pelestarian aset dan budaya bangsa, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mendukung penyelenggaraan "Herb Euphoria Fest" 2024 yang digagas oleh Kementerian BUMN. Acara bazar UMKM untuk Indonesia ini diadakan di Sarinah, Jakarta pada 20-23 Juni 2024 dengan tema Herbal Khas Nusantara.

Tak Hanya Hijab, Sederet Tradisi Muslim Ini Juga Dilarang Presiden Tajikistan

Staf Ahli Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, menyampaikan bahwa sebanyak 13 bazar UMKM untuk Indonesia telah dijadwalkan sepanjang tahun 2024. Ini merupakan langkah nyata dalam pengembangan UMKM herbal nusantara.

Orang Tua Selalu Doakan Anak Jadi Soleh, Tenyata Indonesia Negara Paling Religius di ASEAN

“Kegiatan ini adalah wujud nyata komitmen Kementerian BUMN bersama-sama dengan perusahaan BUMN dalam mendukung pengembangan UMKM, khususnya UMKM binaan BUMN yang bergerak dalam usaha herbal khas nusantara,” ujar Loto.

EVP Pengembangan dan Jasa Manajemen PNM, Razaq Manan Ahmad, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam bazar ini dan berkomitmen untuk mendorong agar UMKM sektor herbal dapat naik kelas.

Herb Euphoria Fest 2024

Photo :
  • ist

Razaq memberikan contoh salah satu nasabah binaan PNM yang berpartisipasi dalam acara ini dan sudah bisa ekspor ke luar negeri. Hal ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk bangga dan membeli produk herbal UMKM. "Kalau pasar luar negeri saja bisa mereka tembus, kenapa kita yang di dalam negeri tidak mau beli? Padahal sudah dengan standar yang lebih bagus, sudah ada izin legalitas yang lengkap," jelas Razaq.

Razaq juga mengajak masyarakat untuk percaya pada ramuan herbal nenek moyang yang memiliki banyak khasiat dan patut dicoba. Terlebih saat ini sudah banyak inovasi pada jamu dengan rasa yang menggugah selera.

Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, menyatakan komitmen PNM untuk terus mendorong nasabah Mekaar agar mau dan mampu naik kelas. Melalui pemberian tiga modal yaitu modal finansial, intelektual, dan sosial, Arief berharap ini dapat menjadi stimulus munculnya ide kreatif hingga mampu bersaing di pasar yang lebih besar.

“Modal pembiayaan kami berikan, begitu juga dengan pelatihan-pelatihan usaha. Ini bentuk ikhtiar kami dan juga perlu didukung kegigihan ibu-ibu. Kalau ada kemauan, InsyaAllah akan dimampukan,” ungkap Arief.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya