Ini Ciri-ciri Orang yang Memiliki Kecerdasan Emosional, Kamu Salah Satunya?

Ilustrasi otak.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Kecerdasan emosional tidak hanya berbicara soal kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengelola emosi dengan baik. Kecerdasan ini melibatkan kemampuan yang mendalam untuk memahami dan mengelola diri sendiri secara efektif.

7 Olahraga yang Ampuh Usir Stres dan Pangkas Lemak yang Membandel

Skill ini juga terkait dengan keterampilan yang kuat dalam berhubungan dengan orang lain. Mengapa hal ini begitu penting? Scroll untuk baca lebih lengkapnya, yuk! 

Perlu diketahui, kecerdasan emosional menjadi penting karena ini dapat mempengaruhi kualitas hubungan personal dengan orang lain. Selain itu, kecerdasan emosional juga berkesinambungan dengan kesuksesan dalam karier dan kepuasan hidup secara keseluruhan.

8 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Lebih Awet Muda dan Bahagia

Melansir dari Very Well Mind, kecerdasan emosional yang dikenal sebagai EI atau EQ adalah kemampuan untuk menangkap, menginterpretasi, menunjukkan, mengontrol, mengevaluasi, dan menggunakan emosi untuk berkomunikasi dan berhubungan secara efektif serta konstruktif dengan orang lain. 

Kemampuan untuk mengungkapkan dan mengontrol emosi sangat penting, sama juga dengan kemampuan untuk memahami, menginterpretasi, dan merespons emosi orang lain. Beberapa ahli bahkan menyebut bahwa kecerdasan emosional lebih penting daripada IQ untuk kesuksesan dalam hidup. 

Slow Living Bisa Membuat Hidup Lebih Sehat, Begini Cara Menerapkannya

Ciri-ciri Seseorang Memiliki Kecerdasan Emosional

Berikut ciri-ciri seseorang memiliki kecerdasan emosional yang baik:

Ilustrasi meditasi

Photo :
  • Freewallpaper

1. Pemahaman Emosi

Di urutan pertama adalah mampu memahami emosi dengan baik. Mengenali dan memahami emosi diri sendiri dengan baik, termasuk mengetahui apa yang memicu emosi tertentu dan bagaimana emosi tersebut mempengaruhi perilaku.

2. Pengaturan Emosi

Kemudian, kemampuan mengatur emosi. Ini adalah kemampuan untuk mengelola emosi secara efektif, seperti mengontrol stres, mengatasi kecemasan, dan mengendalikan impuls secara positif.

3. Motivasi Dirigensi

Sesuai namanya, ini adalah kemampuan untuk memotivasi diri sendiri, menetapkan tujuan yang bermakna, dan bekerja menuju pencapaian tujuan tanpa terpengaruh oleh gangguan emosional.

4. Empati

Memiliki empati adalah ciri seseorang mempunyai kecerdasan emosional. Ini adalah kemampuan untuk merasakan dan memahami emosi orang lain, serta mampu menempatkan diri dalam posisi orang lain untuk memahami perspektif mereka.

5. Keterampilan Sosial

Mampu berkomunikasi dengan baik, membangun hubungan yang sehat dan saling mendukung, serta menyelesaikan konflik dengan cara yang konstruktif.

6. Keterampilan Mengelola Hubungan

Ini merupakan kemampuan seseorang untuk membangun jaringan sosial yang kuat, mengelola konflik, dan bekerja sama dengan orang lain secara efektif.

7. Pemahaman Situasi

Mampu membaca situasi sosial dengan baik dan merespons dengan tepat sesuai dengan konteksnya juga menjadi ciri kamu mempunyai kecerdasan emosional.

8. Optimisme

Seseorang yang optimis ternyata juga orang dengan kecerdasan emosional. Orang yang optimis mampu melihat hal-hal dari sudut pandang yang positif dan memiliki harapan yang realistis dalam menghadapi tantangan.

Itulah ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan emosional. Melatih kecerdasan emosional melibatkan kesadaran diri terhadap emosi yang dirasakan, kemampuan untuk mengelola emosi dengan efektif, memahami emosi orang lain, dan membangun hubungan sosial yang sehat. Dengan latihan dan kesadaran yang terus-menerus, kecerdasan emosional dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas hidup dan hubungan interpersonal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya