8 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Lebih Awet Muda dan Bahagia

Ilustrasi Lansia Bahagia
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle –  Menjadi awet muda saat usia terus bertambah merupakan impian banyak orang. Sebagian orang masih berpikir bahwa awet muda dinilai dari tampilan fisik. Tak heran mereka melakukan perawatan di klinik kecantikan untuk memudarkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan, flek, mengencangkan kembali kulit yang mulai kendur, hingga mengecat rambut untuk menutupi uban.

Olahraga Ini yang Bikin Marshanda Sukses Turunkan Berat Badan hingga 14 Kg

Mengutip SALMON Health, para ahli sepakat bahwa menjadi awet muda dimulai dari pikiran. Lantaran kalangan dewasa menuju umur lansia rentan mengalami stres. Pemicunya karena lonjakan hormon adrenalin dan kortisol dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi). Jadi awet muda tak semata-mata dilihat dari fisik saja tetapi juga jiwa yang bahagia akan memancarkan jiwa semangat belia. 

Selain merawat tubuh dengan produk kecantikan, terdapat beberapa kebiasaan yang dapat menjadikan seseorang terlihat lebih muda dari usianya. Bukan cuma itu, aktivitas tersebut juga mendorong seseorang untuk hidup lebih bahagia. Penasaran? Simak ulasan berikut ini, ya.

Slow Living Bisa Membuat Hidup Lebih Sehat, Begini Cara Menerapkannya

Kebiasaan yang Bikin Awet Muda dan Bahagia

Ilustrasi Lansia Bahagia

Photo :
  • Freepik
5 Jenis Liburan yang Wajib Dicoba untuk Mengatasi Stres

1. Aktif Bergerak

Kalangan usia 40-an atau lansia disarankan untuk tetap aktif bergerak. Bergerak atau olahraga secara teratur dapat membantu mengencangkan otot, meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan sehingga membuat suasana hati jadi lebih baik. 

Direktur UCLA Longevity Center, Dr. Gary Small, mengungkapkan jalan kaki selama sepuluh menit sehari dapat menurunkan risiko Alzheimer sampai 40 persen. Beberapa aktivitas ringan yang dapat dipilih untuk menghilangkan stres seperti bersepeda, renang, atau jogging. seseorang dengan tingkat stres rendah akan terlihat awet muda lho. 

2. Mengerjakan Hobi yang Disukai

Hobi merupakan cara untuk 'menemukan cinta' yang menjadi obat ampuh untuk menciptakan bahagia sehingga bisa lebih menerima keadaan dengan lebih legowo. Maksud cinta merujuk pada apa yang disukai untuk menumbuhkan gairah sehingga selalu bersemangat dalam menjalani kehidupan. Bergabunglah dengan kelompok yang memiliki minat yang sama atau ajak orang lain untuk sekadar jalan kaki bersama sambil mengobrol santai. 

Ilustrasi fitnes, pilates, yoga

Photo :
  • Pixabay/ Meng Tang

3. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang memadukan gerakan fisik dan cara mengolah ketenangan dengan mengatur pernapasan. Latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan energi, memperbaiki postur tubuh, melatih kelenturan, dan mempengaruhi suasana hati jadi lebih bahagia. 

Pengaturan napas yang baik mampu membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, mencegah penyakit, hingga membuat kulit lebih kencang dan bercahaya lho. Tak heran, tiga dinilai bagus untuk menjaga tubuh agar tetap awet muda.

4. Bermain Game Mengasah Otak

Journal of American Medical Association menunjukkan permainan mengasah otak, seperti teka-teki silang dan sudoku dapat membantu kalangan orang dewasa mengalami kemunduran kognitif, memperkuat daya pikir, dan meningkatkan daya ingat. Permainan mengasah otak untuk orang dewasa ini bertujuan untuk mencegah pikun yang menjadi salah satu tanda penuaan. Sehingga orang dengan daya ingat masih kuat kerap dinilai awet muda.  

Ilustrasi keluarga

Photo :
  • Hard Rock Hotel Bali

5. Berkumpul Bersama Keluarga

Jika sudah terpisah tempat tinggal dengan anak dan cucu, buatlah jadwal untuk berkumpul bersama mereka. berkumpul bersama orang tersayang merupakan cara terbaik untuk awet muda. 

Jangan sungkan untuk mewarnai dan bermain bersama cucu. Memperkenalkan si kecil tentang aktivitas baru yang mendorong terciptanya momen kegembiraan. Ketika beberapa generasi dalam keluarga menghabiskan waktu bersama maka semuanya akan menikmati manfaat berupa rasa bahagia.

6. Rutin Berjemur di Pagi Hari

Udara segar dan paparan sinar matahari pagi hari membantu menyegarkan (refreshing) pikiran dan tubuh lho. Sinar matahari pagi memicu pelepasan serotonin dan zat kimia di otak yang meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Tak hanya itu, berpengaruh juga dalam meningkatkan saluran pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. 

Saat berjemur di bawah terik matahari bisa sembari mengerjakan kegiatan lain, seperti memotong tumbuhan di taman yang mulai panjang, membaca buku, atau bercengkrama dengan tetangga atau orang lain yang melintas. 

7. Memenuhi Asupan Omega-3

Omega-3 merupakan lemak sehat yang dapat membantu menstabilkan mood, menjaga kekuatan tulang, dan mengurangi peradangan pada tubuh. Lemak baik ini dapat ditemukan pada beberapa bahan makanan, seperti salmon, kenari, dan biji-bijian. Jika merasa asupan omega-3 masih belum terpenuhi, tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen omega-3. 

dr Nicholas Perricone mengungkapkan omega-3 dapat berperan sebagai anti-penuaan."Omega-3 dapat memicu enzim pembayaran dari penumpukan lemak yang ada di pinggul untuk diubah menjadi energi. Omega-3 juga membuat kulit tetap sehat dan bersinar," imbuh dr. Nicholas.

8. Menyenangkan Diri Sendiri

Tak peduli berapa pun usianya, kegiatan menyenangkan diri sendiri menjadi sebuah keharusan untuk membuat bahagia yang memberikan pengaruh menjadi terlihat awet muda. Lakukan apa pun yang membuat tersenyum, membangkitkan semangat, dan menghidupkan kembali gairah masa muda. Entah belanja barang impian, membeli buket bunga untuk dibawa pulang, hingga mendapat pijatan (massage) untuk mengembalikan kebugaran tubuh.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya