Sapi Limosin Sering Jadi Langganan Kurban Artis Hingga Presiden, Apa Alasannya?

Presiden Jokowi kurban sapi Limosin di Kepulauan Selayar
Sumber :
  • VIVA/Supriadi Maud

JAKARTA – Nama sapi limosin pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Para selebriti, pejabat, hingga Presiden sekali pun sudah langganan memberikan hewan kurban berupa sapi limosin ini saat Idul Adha

Kejebak Macet Dua Hari di Sulawesi, Ratusan Ayam Diangkut Truk Mati Lalu Dibuang ke Jurang

Ya, sapi limosin memang masih menjadi primadona bahkan hingga Idul Adha pada 2024 ini. Tapi, apa alasan artis, pejabat hingga Presiden lebih memilih sapi jenis limosin ini? Scroll untuk mengetahui jawabannya, yuk!

Sapi limosin sendiri merupakan jenis sapi potong berwarna merah keemasan yang pertama kali dikembangkan di Prancis. Sapi limosin merupakan tipe sapi potong dengan perototan yang lebih baik dari sapi simmental. 

Viral Aksi DJ Sunny Wijaya Makan Daging Kambing Mentah Berujung Kecaman Warganet

Bobotnya yang bisa mencapai 1,2 ton turut menjadi alasan mengapa sapi jenis ini kerap dipilih untuk dijadikan hewan kurban. Untuk sapi jantan, bobotnya saat lahir bisa mencapai 42 kg. Sementara sapi limosin betina, rata-rata 39 kg. 

Cara Didimax Mengedukasi dan Berbagi di Hari Raya Kurban

Sedangkan untuk pertambahan berat badan, bisa mencapai 1,5 kg per hari. Tidak heran, jika sapi-sapi limosin yang kerap diberikan untuk hewan kurban bobotnya bisa mencapai 1-2 ton. 

Keistimewaan yang lain, meski berbadan besar, daging sapi limosin dikenal sebagai salah satu yang cukup empuk. Sebab, rata-rata daging sapi limosin hanya mengandung 2,5 persen lemak, dan sisanya daging. 

Bicara sapi limosin, Grab Indonesia dan OVO menyumbangkan empat ekor sapi limosin dan puluhan ekor kambing kepada masyarakat yang membutuhkan dan Mitra Pengemudi di berbagai wilayah Indonesia. Hewan kurban untuk wilayah Jakarta diserahkan oleh perwakilan manajemen dan Mitra Pengemudi Grab Indonesia kepada Aisyiyah (Organisasi Perempuan Muhammadiyah) dan Masjid Jami Al-Munawwarah atau yang lebih dikenal dengan masjid Gus Dur, pada 12 Juni 2024 lalu, di Jakarta Selatan. 

Selain di Jakarta, hewan kurban juga disalurkan untuk masyarakat di Surabaya dan Yogyakarta serta kepada Mitra Pengemudi di 25 kota, di antaranya Gorontalo, Bali, Makassar, Malang, Samarinda, Banjarmasin, Mataram, Kendari, Surabaya, Pekanbaru, Batam, Aceh, Palembang, Lampung, Cirebon, Sukabumi, Semarang, Solo, Pekalongan, Yogyakarta, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 

Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia, mengatakan, pemberian kambing kepada Mitra Pengemudi merupakan wujud apresiasi atas dedikasi dan loyalitas mereka dalam melayani pelanggan.

"Kami sangat bersyukur tahun ini dapat kembali berbagi dengan sesama, sebagaimana Idul Adha mengajarkan kepedulian dan saling membantu dalam kebaikan. Kami berharap penyaluran hewan kurban ini dapat meningkatkan kebersamaan dengan masyarakat dan memperkuat solidaritas dengan Mitra Pengemudi di seluruh Indonesia. Semoga membawa berkah bagi kita semua," tutur Neneng Goenadi dalam keterangannya, dikutip Rabu 19 Juni 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya