Memberdayakan Perempuan di Seluruh Indonesia Lewat Platform Reseller
- Freepik/lookstudio
VIVA – Seorang reseller adalah individu atau bisnis yang membeli produk dari pemasok atau produsen, lalu menjual kembali produk tersebut dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Reseller berperan sebagai perantara antara produsen atau distributor dengan konsumen akhir.
Peran seorang reseller adalah membeli produk dalam jumlah tertentu dengan harga yang lebih rendah, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Mereka dapat menjual produk secara langsung kepada konsumen atau melalui platform online seperti situs web e-commerce atau media sosial.
Nah, baru-baru ini, reseller platform di Indonesia, yakni Evermos terus memperkuat komitmennya untuk membuat wirausaha semakin mudah sekaligus mengembangkan brand-brand lokal agar semakin maju dan berjaya.
Kali ini, mereka menggandeng perusahaan brand kecantikan lokal ternama Avoskin, PT AVO Innovation Technology (AVO), meluncurkan program pemberdayaan reseller eksklusif bernama 'VAMOS! AVO X Evermos' bersamaan dengan serangkaian acara dan pelatihan di kota Yogyakarta pada 24 Juni 2023 lalu.
Menurut Ghufron Mustaqim, CEO & Co-Founder Evermos, kerja sama ini terlahir dari keselarasan visi antara pihaknya dengan pemberdayaan brand lokal serta reseller dan AVO, dengan empower women to be more confident and bolder.
Ia mengatakan, sekitar 70 persen dari 160.000 reseller platform-nya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke merupakan perempuan. Mereka punya banyak teman, komunitas, konsumen, yang umumnya perempuan juga.
"Dengan bergabungnya brand ternama seperti Avoskin bersama 1.600 brand partner kami yang lainnya, kami harap reseller kami memiliki semakin banyak pilihan produk-produk terbaik asli Indonesia yang dapat mereka jual. Di saat yang sama, kita dapat membantu masyarakat yang selama ini kesulitan untuk mengakses produk berkualitas, seperti mereka yang berada di daerah pelosok," ucap Ghufron dalam keterangannya, Jumat, 30 Juni 2023.
Sementara itu, Anugrah Pakerti, CEO AVO berharap kerja sama ini dapat mendukung visi mereka untuk menjadi leader di industri kecantikan. Ia menilai bahwa Evermos memiliki pendekatan yang sejalan dengan nilai-nilai pihaknya, yaitu pendekatan yang demokratis dan inklusif, dengan membangun ekosistem suportif bagi jaringan komunitas reseller.
"Kami melihat semangat pemberdayaan reseller yang tinggi di Evermos, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi mikro di kota-kota Indonesia. Didukung oleh kekuatan produk-produk kami yang berkualitas, aman, dan halal, sekaligus dapat menghasilkan pendapatan untuk para reseller," ujar Anugrah.
"Nah, ini paket komplit. Glowing iya, untungnya juga juara. Kami percaya para reseller dapat menjadi pelengkap dari cara kami mencapai konsumen yang membutuhkan produk kami," tambahnya.
Atas potensi dan harapan tersebut, pihaknya pun memilih Evermos sebagai Official Reseller Platform AVO dengan kerja sama eksklusif. Kerja sama eksklusif ini sendiri akan mencakup berbagai program pemberdayaan serta semua brand di bawah naungan AVO seperti Avoskin, Oasea, dan Glow Better. Grand Launching dari program ini dihadiri oleh ratusan peserta yang siap menjadi reseller AVO melalui ekosistem Evermos.
"Sebagai pengusaha (reseller) yang masih baru, jujur seneng banget hari ini bisa dapet banyak ilmu langsung dari para pengusaha sukses. Kebetulan saya juga suka sama produknya AVO. Setelah dapat product knowledge dari acara hari ini, jadi makin yakin untuk coba nawarin ke teman-teman yang pada kesulitan milih produk kecantikan," ucap Eros Rosmiati, salah satu peserta.
"Tadi juga dapet training soal cara jualan lewat Evermos. Sekarang kita para reseller jadi gampang banget jualannya, tinggal fokus nawarin, gratis bisa lewat HP aja tanpa harus repot stok ataupun kirim-kirim. Ada training dan komunitasnya lagi, jadi bisa nanya-nanya kapan aja," lanjutnya.
Sementara itu, Ilham Taufiq Mulyadi, Co-Founder Evermos yang turut hadir menyampaikan bahwa sebetulnya banyak produk Indonesia yang tidak kalah saing kualitasnya dengan produk luar. Pihaknya pun percaya, dengan mendukung produk karya anak bangsa, kita bisa dapat lebih banyak; menumbuhkan brand lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pembangunan ekonomi nasional.
"Saat ini, kami tengah mengembangkan infrastruktur teknologi yang semakin kuat dan jaringan komunitas reseller yang semakin luas dan produktif. Dengan berkolaborasi, kami ingin mempercepat kedua hal tersebut. Kami akan terus menduplikasi strategi dan kerja sama serupa, mendukung brand-brand lokal berpotensi lainnya serta para reseller kami," tutupnya.